Detail Berita


Harga Batubara dan Nikel Bakal Melambung, Ini Dia Pilihan Saham Emiten Tambang


"Ilustrasi pergerakan harga saham"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 09-02-2021

duniatambang.co.id – Berdasarkan laporan dari PT Mirae Asset Sekuritas, sejumlah emiten batubara dan nikel menjadi pilihan pekan ini seiring dengan naiknya harga nikel dan batubara.

Analis PT Mirae Asset Sekuritas Andy Wibowo memprediksi harga batubara global akan naik pada pekan ini. Hal ini dipengaruhi oleh sentimen dari China menjadi berita positif. Pemerintah daerah di banyak kota di China meluncurkan insentif agar operasi tetap berjalan menjelang hari libur festival musim semi.

Kebijakan tersebut akan menyebabkan konsumsi listrik di China meningkat. Ditambah permintaan terhadap batubara yang juga meningkat. Hal ini mendorong meningkatnya harga batubara global pada pekan ini.

Melihat sentimen tersebut, saham emiten tambang yang ikut tergerek naik yaitu saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan saham batubara lainnya.

Selain batubara, emiten logam pun turut dilirik. Harga nikel global diperkirakan akan naik seiring dengan adanya katalis positif.

Persediaan nikel LME hingga 5 Februari 2021 meningkat menjadi 249.444 ton dari pekan sebelumnya sebesar 248.886 ton. Stok tembaga juga diperkirakan akan menurun. Stok logam yang menurun ini akan memicu kenaikan harga logam tersebut.

Melihat sentimen tersebut, harga saham emiten logam seperti PT Aneka Tambang (ANTM), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), dan saham-saham yang berkaitan dengan emiten nikel lainnya diperkirakan akan meningkat.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !