Loading...
image

"Stockpile Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 5 February 2021 / 1 Komentar

Batubara HBA 

Harga Batubara Acuan Februari Melesat ke USD 87,79 per Ton

duniatambang.co.id – Harga batubara mulai menunjukkan tren yang positif. Harga Batubara Acuan (HBA) Februari 2021 berada di level USD 87,79 per ton, atau naik 15,75% dari harga Januari 2021 yang sebesar USD 75,84 per ton.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi, kenaikan ini dipengaruhi oleh sentimen yang dibentuk oleh super siklus komoditas.

Agung menambahkan, adanya supersiklus ini diyakini akan terjadi di tahun ini pada berbagai komoditas, terutama komoditas pertambangan. Yang menjadi pemicunya adalah suku bunga acuan yang rendah, dolar AS melemah, pertumbuhan ekonommi dan pembangunan infrastruktur di berbagai negara.

Naiknya harga batubara ini pun turut mendongkrak saham emiten pertambangan di bursa efek. Beberapa saham emiten yang turut tergerek naik pada Jumat (5/1/2021) adalah BUMI, DOID, INDY, ITMG, BOSS, dan ADRO.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, selain dari faktor supersiklus, melonjaknya permintaan impor batubara dari China turut mendongkrak harga batubara acuan februari 2021.

Harga batubara pelan tapi pasti berangsur naik selama 4 bulan terakhir.  Sebelumnya, pada awal pandemi, harga batubara sempat tertekan bahkan menyentuh level terendah.

HBA dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor turunan supply dan faktor turunan demand. Faktor turunan supply dipengaruhi oleh cuaca, teknis penambangan, teknis cupply chain, tongkang, dan loading terminal.

Sementara, faktor turunan demand dipengaruhi oleh kebutuhan listrik yang sangat berhubungan erat dengan kondisi industri, kebijakan impor, dan kompetisi harga dengan komoditas energi yang lain seperti nuklir, energi terbarukan, dan LNG.

 

Penulis: Mayang Sari

Editor: Umar RP.

1 Komentar:

  1. Apakah ada pembeli batu bara Gar 41-42 stok banyak wilayah Kalimantan

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar