Detail Berita


Pentingnya CSR untuk Keberlangsungan suatu Perusahaan Tambang



duniatambang.co.id – Perusahaan tambang lekat dengan pembukaan lahan yang dapat merugikan daerah aktivitas tersebut baik dalam segi lingkungan maupun sosial-ekonomi masyarakat. CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan suatu bentuk kontribusi oleh sebuah perusahaan untuk perkembangan masyarakat dan komunitas yang berada pada sekitar aktivitas perusahaan tersebut.

Salah satu bentuk kegiatan CSR adalah pembuatan community enterprise atau koperasi. Community enterprise memiliki tujuan untuk menjembatani hubungan antara masyarakat dengan perusahaan. Dengan adanya “jembatan” antar masyarakat dan perusahaan, kedua belah pihak dapat memberikan dampak – dampak yang baik. 

Program CSR memberikan dampak dalam perusahaan tambang bagi aktivitasnya. Salah satunya adalah pemenuhan kewajiban dari suatu perusahaan mengenai program CSR yang diwajibkan kepada suatu perusahaan melalui ISO 26000. ISO 26000 mencakup tujuh poin kegiatan CSR yang dijadikan standar kegiatan CSR. 

Selain itu, dengan adanya program CSR ini, image perusahaan yang mengadakan kegiatan CSR akan menjadi lebih baik. Dengan image perusahaan yang baik, jalannya aktivitas perusahaan tidak akan diganggu oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan telah terciptanya hubungan mutualisme antar pihak.

Kegiatan CSR akan memberikan dampak luar yang memiliki kaitannya dengan masyarakat sekitar daerah aktivitas tambang. Salah satu dampak baik yang diberikan, jika kegiatan CSR sukses adalah masyarakat sekitar kawasan aktivitas pertambangan dapat lebih sejahtera sehingga dapat membantu menaikkan image perusahaan dan menciptakan hubungan mutualisme antar pihak. Maka dari itu, jaminan agar program CSR sangat penting agar terciptanya hubungan mutualisme.

Agar suatu program CSR sukses, sebuah perusahaan perlu memperhatikan beberapa aspek. Salah satunya adalah memperhatikan karakter antara industri dengan masyarakat yang daerahnya terdampak dari aktivitas tersebut. Dalam proses tersebut perlu adanya simbiosis mutualisme dalam membuat suatu nilai dari kegiatan CSR tersebut yang saling menguntungkan semua pihak.

Dengan terwujudnya aspek tersebut, suatu kegiatan CSR dapat berlanjut dan diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan bagi target CSR. Maka dari itu sasaran dan target dari kegiatan CSR itu sendiri harus dipetakan dengan baik sebelum kegiatan CSR mulai agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

CSR merupakan bentuk kegiatan sosial-ekonomi suatu perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar wilayah kegiatan perusahaannya yang bertujuan untuk menjembatani antar pihak agar terciptanya hubungan mutualisme. Hubungan ini penting untuk diciptakan sebagai penjamin atas keberlangsungan antar pihak.

(FPL)