Loading...
image

"Ilustrasi mobil listrik Taycan"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 3 February 2021 / 0 Komentar

BUMN Battery 

Pemerintah Bentuk Indonesia Battery Holding Ditargetkan Rampung di Semester I 2021

duniatambang.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini mulai menggodok Indonesia Battery Holding (IBH) untuk mengelola industri baterai yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

Perusahaan holding ini akan terdiri dari empat BUMN yaitu MIND ID atau PT Inalum (Persero), PT Aneka Tambang Tbk, PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero) ditargetkan akan terbentuk pada semester 1 2021.

Informasi tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury.

“Kami berharap pembentukan IBH bisa selesai pada semester 1 tahun ini. Sejauh ini sudah ada diskusi empat badan usaha tersebut”, ungkapnya di “BUMN Media Talk, EV Battery: Masa Depan Ekonomi Indonesia’, pada Selasa (02/02/2021).

Lebih lanjut Pahala mengatakan bahwa holding baterai mobil listrik ini akan menjadi perusahaan yang nantinya bisa kerjasama dengan para calon mitra potensial seperti Korea Selatan, China, Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Menurut Pahala, rantai pasok dari industri baterai ini sangat panjang mulai dari hulu dan hilir. Dari 4 perusahaan BUMN, MIND ID dan Antam akan menangani dari sisi hulu, sedangkan Pertamina dan PLN akan menangani di sisi hilir.

Tim Percepatan Proyek Baterai Kendaraan Listrik Agus Tjahajana Wirakusumah menyampaikan bahwa Indonesia mempunyai mimpi besar untuk holding baterainya bisa menjadi pemain global. Menurutnya, BUMN memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekosistem baterai EV pada 2025.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar