image

"Gebung Kementerian BUMN"
Sumber gambar: bumn.info

Dunia Tambang / 28 January 2021 / 0 Komentar

BUMN Holding 

Erick Thohir dan Sri Mulyani akan Bentuk Holding BUMN Raksasa

duniatambang.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan segera membentuk 6 induk usaha atau holding BUMN.

Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Kemenkeu Meirijal Nur mengungkapkan, saat ini jumlah BUMN mencapai 107 perusahaan yang terdiri dari 13 Perusahaan Umum dan 94 BUMN.

“Dalam waktu dekat ini, Kementerian BUMN dan Kemenkeu akan memproses pembukaan enam holding BUMN, yaitu jasa survei, industri pangan, industri pertahanan, industri  media, layanan kepelabuhan, dan layanan transportasi”, Ungkap Meirijal, Kamis (28/01/2021).

Sejak Erick Thohir menjabat, BUMN ditargetkan dapat bertransformasi menjadi lebih ramping dan efisien. Pelaksanaan transformasi BUMN ke depan akan dilakukan berdasarkan klaster industri sesuai dengan rantai nilai bisnisnya.

Setelah terbentuknya UU Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN, pelaksanaan pembentukan holding BUMN dimulai sejak tahun 2014. Sejauh ini, telah terbentuk 6 holding Bumn yang terdiri dari holding industri tambang, holding perkebunan, holding perum kehutanan negara, holding minyak dan gas, holding farmasi, dan holding asuransi.

Penggabungan lebih banyak holding BUMN masih terbuka peluang yang besar. Hal ini bertujuan untuk mencapai target efisiensi setidaknya 12 industri dan menambah nilai dari perusahaan dan anak perusahaan BUMN.

Erick Thohir Menteri BUMN berharap holding bisa meningkatkan total asset BUMN secara signifikan sehingga BUMN bisa mewujudkan pendanaan investasi skala besar demi tercapainya kepentingan nasional.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar