Loading...
image

"PT Indika Energy Tbk"
Sumber gambar: upperline.id

Dunia Tambang / 25 January 2021 / 0 Komentar

INDY 

Komitmen INDY Jaga Kelestarian Lingkungan Buahkan Gelar PROPER Kedua Kalinya

duniatambang.co.id - PT Indika Energy Tbk (INDY) selama ini berusaha menjaga komitmen mereka untuk bisa terus menjaga kelestarian lingkungan di area operasi pertambangan. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan mengadakan beragam program Corporate Social Responsibility (CSR). Pihak Indika Energy mengatakan saat mengalokasikan dana untuk program CSR tersebut, perusahaan selalu mempertimbangkan sejumlah faktor. Utamanya adalah manfaat sosial yang nantinya bisa dihasilkan, baik untuk lingkungan dan masyarakat itu sendiri.

Contohnya adalah di tahun 2020 lalu, di mana salah satu anak usaha INDY yakni Kideco Jaya Agung, memutuskan untuk menggelontorkan dana sebesar Rp47,5 miliar yang diperuntukkan ke program CSR guna pengelolaan lingkungan, inovasi dalam program efisiensi energi, serta sejumlah program reboisasi dan konservasi hutan.

Pihaknya menilai bahwa masalah pelestarian lingkungan dan juga perubahan iklim merupakan hal prioritas yang harus dihadapi bersama-sama untuk sekarang ini, sehingga masalah itupun telah menjadi fokus Indika Energy di setiap kegiatan operasional yang mereka jalani.

Selama ini Indika Energy mengatakan selalu mengambil berbagai langkah guna memitigasi risiko serta dampak yang dihasilkan oleh kegiatan produksi pertambangan mereka, sekaligus juga berusaha melakukan pelestarian lingkungan yang bertujuan menjaga keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Komitmen itu mereka wujudkan dengan menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan (SML), kegiatan efisiensi energi dan menurunkan emisi, pengelolaan strategi 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) untuk limbah B3 dan limbah padat non B3, mengelola air lebih efisien dan mengurangi beban pencemaran air, serta menyediakan perlindungan keanekaragaman hayati.

Kegiatan perencanaan dan pelaksanaan program-program itu pun selalu perusahaan gelar bersama dengan para masyarakat, pemerintah hingga organisasi di sekitar lokasi pertambangan yang ada.

Karena komitmen tersebut, tidak heran jika pada bulan Desember lalu, INDY meraih penghargaan PROPER Emas Nasional, dalam hal ini melalui anak usaha Kideco Jaya Agung. Penghargaan itu pun diraih untuk yang kedua kalinya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar