Detail Berita


Kabar Gembira, ANTM dan TINS Masuk Rantai Produksi Tesla


"Mobil Listrik Tesla"
Sumber gambar: tesla.com


Tanggal terbit: 22-01-2021

duniatambang.co.id – Dua emiten Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia berhasil masuk dalam daftar perusahaan yang ikut memasok bahan baku untuk produksi kendaraan listrik milik Elon Musk, Tesla Inc.

Dua perusahaan asal Indonesia tersebut adalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Timah Tbk (TINS) yang keduanya juga termasuk dalam Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain ANTM dan TINS, ada beberap perusahaan yang berbadan hukum Indonesia yang masuk dalam daftar yang bekerja sama dengan Tesla yaitu PT Artha Cipta Langgeng, PT ATD Makmur Mandiri Jaya, PT Menara Cipta Mulia, PT Mitra Stania Prima, dan PT Refined Bangka Tin.

Menurut daftar smelter dan refiner, Indonesia akan memasok empat mineral untuk Tesla yaitu emas, timah, tantanium, dan tungsten.

Sebagai produsen kendaraan listrik terbesar di dunia, Tesla tentunya membutuhkan nikel sebagai salah satu komponen yang diperlukan dalam baterai listrik. Indonesia termasuk memiliki potensi nikel yang besar di dunia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menilai pasar kendaraan di Indonesia sangat besar, dengan jumlah penduduk yang mencapai 270 juta jiwa menjadi daya tarik untuk prospek pasar mobil listrik di Indonesia.

Berdasarkan laporan yang berjudul Tesla Conflict Minerals Report, menyebutkan bahwa ada sejumlah negara yang dituju sebagai pemasok mineral.

Tesla memastikan sumber daya alam (SDA) itu bebas konflik Republik Kongo (DRC), yang menandakan bahwa mineral tersebut tidak menguntungkan kelompok bersenjata di Kongo atau negara yang berdampingan dengan konflik.

Sebelumnya, pemerintah sudah kerap berbincang mengenai kerjasama produksi mobil listrik Tesla di Indonesia.  Menteri BUMN Erick Thohir pun mengaku akan menjajaki kerjsasama dengan Tesla terkait pembangunan industri baterai listrik di Indonesia.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !