Detail Berita


Bahan Bakar Ini Berasal dari Nikel, Penasaran?


"ore nikel"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-01-2021

duniatambang.co.id - Berbicara mengenai masalah lingkungan yang disebabkan oleh pemakaian energi memang tak ada habisnya. Tak sedikit bahan bakar fosil mulai ditinggalkan dan orang-orang beralih untuk menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Baru-baru ini sebuah tim peneliti dari Pohang University of Science and Technology (POSTECH) menawarkan suatu cara untuk memproduksi bahan bakar hidrogen secara efisien yaitu menggunakan nikel. 

Melansir dari phys.org, tim peniliti yang terdiri atas dua gabungan tim yaitu tim yang dipimpin oleh Profesor Kim Jongkyu dari Departemen Ilmu dan Teknik Material serta tim yang dipimpin oleh Profesor Han Jeongwoo dari Departemen Teknik Kimia bersama-sama mengembangkan bahan bakar hidrogen dengan memanfaatkan sistem elektrolisis air. Sistem elektrolisis air yang juga disebut sebagai pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan ini menggunakan reaksi kimia dengan menguraikan senyawa air (H2O) menjadi oksigen (O2) dan hidrogen (H2) yang kemudian dijadikan sebagai bahan bakar hidrogen. Adapun reaksi kimia yang dirancang oleh tim tersebut menggunakan katalis berbasis nikel yang diolah dengan atom logam transisi oksofilik (oxophilic transition metal atoms). Atom ini dapat mengidentifikasi korelasi antara sifat adsorpsi katalik dan kinetika reaksi evolusi hidrogen pada nikel dalam suatu medium basa secara lebih efektif.

Katalis tersebut terbukti berhasil menunjukkan efisiensi produksi hidrogen yang sangat baik. Selain itu tegangan listrik yang dihasilkan juga berkurang empat kali lipat dibandingkan dengan katalis tipis yang hanya berbasis nikel konvensional.

Kim Jongkyu juga menambahkan, konsep inti dari penelitian ini adalah elektrokatalis bimetalik yang efisien sehingga tidak hanya dapat diterapkan pada elektrolisis air saja, akan tetapi dapat diterapkan juga pada pembangkit listrik, reduksi karbon dioksida, dan sistem foto-elektrokimia. Temuan penilitian yang dimuat pada Journal of the American Chemical Society ini juga dinilai penting karena selain dapat memberikan landasan ilmiah untuk komersialisasi sistem konversi energi hidrogen yang berkelanjutan, temuan ini tentunya memiliki dampak baik bagi sektor lingkungan.

 

Penulis : Iqlima Nur Annisa

Editor : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !