Detail Berita


Usai Akuisisi Tambang Emas, DEWA Penuhi Kewajiban ke Highrank


"Ilustrasi Emas Batangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 18-01-2021

duniatambang.co.id - PT Darma Henwa Tbk. (DEWA) dikabarkan telah melakukan akuisisi sebanyak 99,99 persen saham milik PT Sabina Mahardika. Langkah yang diambil ini, sepertinya sebagai wujud keseriusan perusahaan untuk masuk ke dalam usaha bisnis tambang emas. Adapun alasan Darma Henwa melakukan akuisisi saham Sabina adalah karena perusahaan itu dinilai memiliki proyek yang sangat potensial di Aceh.

Selaku Chief Investor Relations & Corporate Secretary DEWA, Mukson Arif Rosyidi mengatakan bahwa akuisisi tersebut sebagai salah satu usaha perusahaan untuk terus melakukan ekspansi bisnis dan juga diversifikasi usaha. Tujuannya tentu untuk meningkatkan nilai perusahaan untuk masa yang akan datang.

Sayangnya, akuisisi yang dilakukan perusahaan pada tanggal 16 Desember tersebut masih belum diketahui nilai pastinya berapa. Pihak perusahaan mengaku masih belum bisa memberikan rincian terkait transaksi tersebut.

Namun pihak Darma Henwa hanya bisa memberikan gambaran pasti bahwa langkah akuisisi Sabina ini masih memiliki keterkaitan dengan rencana utama perusahaan yang akan menggelar PMTHMETD yakni, penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu.

Sebagai informasi, Darma Henwa pada tanggal 27 Desember 2018 silam telah melakukan perjanjian pengakuan hutang bersama dengan READ Finance Company Ltd. Diketahui nilai dalam perjanjian tersebut mencapai angka USD23,8 juta. Dana dari aksi tersebut kemudian ditempatkan di Sabina secara penuh, yang digunakan untuk menyelesaikan proyek tambang emas yang sedang digarap tersebut.

Kemudian, pada awal November 2019, READ melakukan pengalihan hak tagih ke Highrank Investment. Sayangnya, sampai dengan jatuh tempo utang yang tercatat sampai pada tanggal 1 Juli 2020, dan juga masa penagihan yang dilakukan pada 24 Juli 2020, Darma Henwa masih belum bisa memenuhi kewajibannya tersebut. Akhirnya, Darma Henwa pun menawarkan sebagian saham sebagai ganti pelunasan hutang, yang kemudian disetujui oleh pihak Highrank.

Oleh karenanya, Darma Henwa nantinya akan menggelar private placement dengan melakukan pelepasan sebanyak 5,87 miliar saham seri B yang dimiliki. Diketahui, total nilai aksi korporasi tersebut nantinya akan mencapai sekitar Rp352,87 miliar. Jumlah tersebut akan dimiliki oleh Highrank, sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !