Detail Berita


Pecah Rekor, Harga Batubara Tembus USD 90/ton


"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 13-01-2021

duniatambang.co.id – Harga batubara kontrak futures (berjangka) batubara termal ICE Newcastle naik signifikan pada Selasa (12/01/2021). Harga kontrak batubara tersebut tembus level USD 90,5/ton. Harga ini tercatat sebagai harga tertinggi sejak satu tahun terakhir.

Permintaan batubara China menyokong kenaikan harga batubara. Sejumlah analis memproyeksikan penguatan harga batubara masih berlanjut selama kuartal pertama 2021.

Suplai batubara domestik di China berimbas pada terbatasnya produksi listrik di China. Hal ini tidak dapat mengimbangi kebutuhan penggunaan listrik di daerah setempat.  Pemerintah China akhirnya membuat keputusan pembatasan penggunaan listrik oleh pabrik-pabrik di luar jam kerja.

Faktor lain yang mendukung kenaikan harga batubara adalah meningkatnya permintaan listrik saat musim dingin di China dan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek. Berkurangnya suplai batubara domestik akan mendorong kuota impor China sehingga berdampak pada peningkatan harga seaborne coal.

Saat ini pula, pemulihan perekonomian di China akan meningkatkan permintaan terhadap batubara. Stok batubara di China yang mulai menipis pun akan meningkatkan peluang impor batubara oleh China untuk menutupi defisit stok batubara. Pemerintah China terus berupaya untuk menaikkan produksi lokalnya dan melonggarkan kebijakan impor supaya harga turun dan permintaan dapat terpenuhi.

Analis Central Capital Futures Wahyu Tribowo Laksono mengamati komoditas energi saat ini memang baru mulai bangkit. Hal ini membuat batubara menjadi salah satu komoditas yang ikut tergerek naik.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !