Detail Berita


Bangga! Tambang Ombilin Sawahlunto Masuk Nominasi Warisan Budaya Dunia UNESCO



duniatambang.co.id - Sawahlunto merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat yang dikenal dengan tambang femomenal yaitu Ombilin. Meski tidak beroperasi lagi, tambang Ombilin masih menyimpan kenangan yang mempunyai sejarah besar bagi bangsa Indonesia.

Dalam pemilihan warisan budaya dunia, Sawahlunto berhasil menjadi nominasi bersaing dengan 27 situs warisan budaya dari berbagai negara lainnya. Setiap negara mengajukan situs-situsnya yang akan dijadikan kawasan warisan dunia ke UNESCO. Kota Sawahlunto didaftarkan dengan tema Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Penentuan pemenang nominasi warisan dunia akan dibahas pada World Heritage Commitee (WHC) UNESCO ke-43 yang akan dilaksanakan di Baku, Azerbaijan. Pertemuan ini akan digelar pada 30 Juni hingga 10 Juli 2019. Dalam penilaian nominasi tersebut, para ahli lapangan dikirim untuk meninjau situs yang yang diajukan.

Baca juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Perhelatan Akbar Konferensi Coaltrans Asia ke-25

Sejarahnya, Tambang Ombilin ditemukan oleh pemerintah kolonial Belanda pada akhir abad ke-19. Cadangan batubara yang ditemukan digunakan untuk mendukung industri, kereta api, dan sistem jalur kereta, hingga perkapalan. Setelah berakhirnya tambang Ombilin, Kota Sawahlunto sempat menjadi kota mati. Adapun peninggalan-peninggalan Kota Sawahlunto seperti terowongan Mbah Soero, penyaringan batubara, perumahan pekerja tambang, pabrik kereta api dan lain-lain.

Jika Sawahlunto berhasil lolos sebagai warisan budaya dunia, banyak dampak positif yang akan diterima oleh Sawahlunto dan Indonesia. Terutama di bidang pariwisata. Tingkat kunjungan wisatawan dari mancanegara akan meningkat sehingga meningkatkan penghasilan daerah dan tentunya membuat Indonesia makin dikenal di mata dunia.

 

(MS)