Detail Berita


HBA Terus Pulih, Kini Naik ke USD75,84 Per Ton


"Pertambangan batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 05-01-2021

duniatambang.co.id - Harga Batubara Acuan (HBA) terus menunjukkan tren positif hingga awal tahun 2021. Melansir dari siaran pers Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 002.Pers/04/SJI/2021, Menteri ESDM Arifin Tasrif menetapkan HBA selama perdagangan bulan Januari naik USD16,19 per ton atau 27,14% ke angka USD75,84 per ton dibandingkan bulan Desember tahun 2020, yaitu USD59,65 per ton. Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi dengan menyatakan bahwa pasar komoditas batubara mulai bergerak pulih setelah hampir setahun adanya keterbatasan aktivitas ekonomi akibat pandemik COVID-19. Selain itu ia juga menambahkan bahwa Tiongkok punya peran penting dalam mempengaruhi harga batubara karena mereka merupakan pasar utama bagi Indonesia.

Adapun harga batubara kembali pulih dalam tiga bulan terakhir, yaitu Oktober pada angka USD 51 per ton; November pada angka USD 55,71 per ton; dan Desember pada angka USD 59,65 per ton. Padahal pada awal tahun 2020 harga batubara dimulai pada angka USD 65,93 per ton dengan puncaknya di bulan Maret pada angka USD 67,08 per ton. Namun harga batubara merosot mulai bulan April menjadi USD 65,77 per ton dengan puncaknya terjadi di bulan September yang hanya menyentuh angka USD 49,42 per ton.

Agung menambahkan, supply dan demand tetap menjadi faktor perubahan harga utama di luar kendali pandemi COVID-19. Sebagai informasi, faktor turunan supply dipengaruhi oleh cuaca, teknis tambang, kebijakan negara supplier, hingga teknis di supply chain seperti kereta, tongkang, maupun loading terminal. Sementara untuk faktor turunan demand dipengaruhi oleh kebutuhan listrik yang berkorelasi dengan kondisi industri, kebijakan impor, dan kompetisi dengan komoditas energi lain, seperti LNG, nuklir, dan hidro.

Nantinya, HBA bulan Januari ini akan dipergunakan pada penentuan harga batubara pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut.

 

Penulis : Iqlima Nur Annisa

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !