image

"Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 4 January 2021 / 0 Komentar

Nikel Mobil Listrik 

Mobil Listrik Meroket, Harga Nikel Makin Melesat Diprediksi Tembus USD 20.000

duniatambang.co.id – Peluang Indonesia masuk ke dalam industri mobil listrik semakin besar. Pemerintah bakal mempercepat pengembangan industri kendaraan listrik.

Indonesia akan menjadi salah satu pasar mobil listrik utama di ASEAN. Dibalik potensi, ada beberapa kendala pengembangan mobil listrik di Indonesia. Harga mobil listrik relatif mahal dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak. Kedua, ketersediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) masih minim. Dan permasalahan lainnya yaitu tipe mobil listrik yang masih terbatas.

Di tengah melejitnya mobil listrik di tanah air akan mempengaruhi harga pasokan bahan baku. Salah satu komoditas yang bakal naik adalah nikel. Sepanjang tahun 2020, harga kontrak futures nikel yang diperdagangkan di bursa Shang Hai meningkat 18%. Hal itu membuat harga nikel acuan RI pun ikut naik.

Pada Desember 2020, harga nikel acuan RI adalah USD 15.647/ton naik 12,8% dibandingkan pada Januari 2020. Namun, harga nikel sempat mengalami penurunan pada awal pandemi covid-19.

Harga nikel mulai naik kembali pada bulan Mei bakan berhasil mencapai harga tertinggi pada Desember 2020. Hal ini dipengaruhi oleh sentiment makin maraknya penggunaan mobil listrik yang semakin meningkat. Harga nikel pada tahun 2021 pun diramal akan bergerak positif.

Di pasar, ada dua jenis nikel yang dikenal yaitu nikel kelas I dan nikel kelas II. DBS dalam laporannya menyebut harga nikel akan tembus ke atas USD 20.000/ton. Permintaan nikel diprediksi akan melonjak seiring dengan kebutuhan terhadap bahan baku mobil listrik.

DBS pun memprediksi permintaan nikel kelas I akan tumbuh 5,9% dan nikel kelas II akan tumbuh 3,3% setiap tahun hingga 2025.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar