image

"Nikel ore"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 3 January 2021 / 0 Komentar

PREMIUM Mineral Nikel 

Manfaat Penting Nikel Untuk Sektor Strategis Suatu Negara

duniatambang.co.id - Manfaat nikel dalam kehidupan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh struktur materialnya yang keras, tetapi sangat mudah untuk ditempa dan diolah. Termasuk dalam kategori logam, nikel berasal dari sisa tumbuhan dan juga makhluk hidup yang telah terpendam di dalam tanah selama jutaan tahun lamanya.

Pada awalnya, nikel hanya dianggap sebagai logam pengotor untuk tembaga. Namun lambat laun, nikel diketahui memiliki nilai yang sangat tinggi, sehingga kini menjadi logam tersendiri. Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa nikel bisa ditemukan dalam batuan asteroid.

Meski saat ini masih kalah populer dengan komoditas tambang lain seperti minyak bumi dan batubara, namun dengan hadirnya teknologi kendaraan listrik, nikel menjadi salah satu komoditas yang diburu. Beruntungnya, Indonesia memiliki cadangan nikel yang melimpah, dan bahkan menjadi salah satu yang terbanyak di dunia.

Industri Otomotif

Nikel saat ini seringkali diolah menjadi besi baja yang memiliki sifat sangat kuat dan juga tahan akan karat. Karena sifat ini lah, besi baja hasil olahan nikel sangat dibutuhkan oleh industri otomotif untuk dijadikan kerangka kendaraan.

ini adalah berita Premium, jika kamu adalah user premium silahkan login untuk melihat berita lengkapnya.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar