Detail Berita


Stimulus Amerika Cair, Tren Harga Emas Diprediksi Positif Hingga Tahun Depan


"Emas Batangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 31-12-2020

duniatambang.co.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, akhirnya menandatangani kebijakan pemberian stimulus dengan nilai mencapai USD2 triliun, sebagai bagian dari pemberian bantuan akibat wabah pandemi. Tentu, kebijakan Trump ini akan berpengaruh pada ekonomi global, salah satunya adalah harga emas di Indonesia.

Kebijakan yang dikeluarkan itu merupakan paket tunjangan kepada jutaan warga Amerika Serikat yang terdampak wabah pandemi, salah satunya mereka yang hilang mata pencahariannya. Kemudian juga suntikan dana operasional agar pemerintahan bisa terus berjalan. Jumlahnya mencapai USD2,3 triliun atau dalam rupiah menjadi sekitar Rp32,430 triliun.

Kondisi pasar global pun langsung mengalami gejolak yang cukup signifikan, khususnya terhadap harga emas. Sebelumnya, dalam beberapa periode terakhir, harga emas mulai terlihat menurun. Namun begitu kebijakan pemerintah Amerika Serikat itu dikeluarkan, harga emas kembali terdongkrak.

Sejumlah analis pun memberikan prediksinya, bahwa harga emas spot mampu berada di level USD2,000 untuk setiap troy ons-nya pada tahun 2021 nanti. Hal ini pun akan mempengaruhi pergerakan harga emas di Indonesia, karena komoditas emas PT Aneka Tambang akan mengacu pada harga emas global tersebut.

Diperkirakan harga emas Antam akan mampu mencapai level Rp1 juta untuk setiap gramnya, bahkan bisa melampauinya.

Sejak awal tahun ini, pergerakan harga emas cenderung fluktuatif. Harga emas milik PT Aneka Tambang memang lebih sering melonjak naik, dan bahkan menembus rekor lebih dari Rp1 juta setiap gramnya. Namun lambat laun, harganya pun mulai menurun hingga kembali ke angka Rp800 ribu per gram.

Memang jika menilik dari pergerakan terakhir, harga emas PT Aneka Tambang masih jauh dari angka Rp1 juta per gram. Namun dalam semingguan ini, trennya cenderung kembali naik. Tercatat untuk perdagangan pada hari Selasa (29/12/20) kemarin, harga emas Antam berada di angka Rp967 ribu per gram, semakin mendekati rekor yang telah dicatatkan sebelumnya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !