Detail Berita


Fantastis, Gaji dan Fasilitas Freeport Bikin Pekerja Betah



duniatambang.co.id - PT Freeport Indonesia termasuk perusahaan tambang ternama di dunia yang memproduksi tembaga, perak, emas yang berlokasi di Provinsi Papua. Freeport dengan nama yang bergengsi menjadi rebutan pada fresh graduate maupun profesional untuk bergabung menjadi pekerjanya.

Selain dari nama yang sudah besar, siapa sangka gaji yang didapatkan karyawan Freeport membuat iri para pekerja di perusahaan lainnya.  Meski lokasi penambangan jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, Freeport telah menyiapkan fasilitas yang membuat para pekerja nyaman dan betah.

Lokasi utama pekerja Freeport berada di Tembagapura dan Kuala Kencana. Pada lokasi tersebut dibangun Camp di Milepost 38/39, Base Camp dan Ridge Camp. Fasilitas lengkap yang disediakan sehingga mampu memenuhi kebutuhan para pekerja.

Adapun fasilitas yang disediakan mulai dari toko retail, tempat makan, sekolah, perpustakaan, bank, jasa pos, sarana pelatihan, hingga sarana rekreasi. Lokasi tersebut juga diilengkapi dengan kolam renang. Di Kuala Kencana dilengkapi dengan lapangan golf 18-hole. Fasilitas hiburan yang dibangun bagi para pekerja Freeport disebut Superblok. Superblok ini berada di tengah kawasan barak pekerja tambang yang ditinggali 12.500 pekerja tambang.

Baca juga: Intip Gaji dan Fasilitas Pekerja Tambang

Selain itu, Freeport juga memberikan benefit berupa asuransi kesehatan. Freeport memiliki rumah sakit untuk karyawan dengan kapasitas 100 tempat tidur di Tembagapura. Tidak hanya rumah sakit, Freeport juga menyediakan banyak klinik di daerah sekitar untuk karyawan maupun warga setempat

Dalam hal mobilisasi, Freeport memiliki armada transportasi yang sangat lengkap seperti bus, pesawat, dan chopper. Dengan mobilisasi yang lengkap, pekerja Freeport tidak perlu merasa khawatir dalam melaksanakan pekerjaan. Freeport juga menanggung biasa akomodasi pekerjanya dari tempat domisili menuju ke lokasi kerja.

Tak tanggung-tanggung, Freeport juga memberikan bantuan pendidikan untuk pekerjanya. Freeport menjadi dambaan bagi pekerjanya, karena selain diberikan fasilitas berupa materi, pekerja juga diberikan fasilitas berupa sarana pengembangan. Freeport juga memberikan pelatihan rutin kepada karyawan untuk meningkatkan kemampuan teknis maupun non-teknis.

 

(MS)