image

"Ilistrasi pengisian baterai mobil listrik"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 21 December 2020 / 0 Komentar

Teknologi Tesla 

Kedatangan Tesla Bikin Saham Antam Naik Drastis

duniatambang.co.id - Kabar kehadiran Tesla ke Indonesia dalam rangka kerja sama baterai listrik dan juga rencana investasi dengan nilai fantastis, menjadi sorotan pelaku industri dalam negeri dan banyak pihak lainnya. Dampaknya pun juga sangat dirasakan oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), di mana pada perdagangan kemarin (14/12/2020) saham mereka mengalami kenaikan cukup tajam.

Penguatan saham PT Aneka Tambang terpantau mencapai 4,83 persen dibandingkan perdagangan pada Jum’at pekan kemarin. Saat itu, total perdagangan saham PT Aneka Tambang mencapai 234,8 juta lembar dengan nilai transaksi sekitar Rp353 miliar. Hal ini menjadikan saham PT Aneka Tambang sebagai yang paling banyak diperjual-belikan di awal pekan ini.

Jika melihat pada aktivitas selama satu bulan terakhir, para investor asing telah membeli saham milik PT Aneka Tambang sebanyak Rp102,49 miliar dan kenaikannya pun tercatat sebesar 29,91 persen.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kenaikan saham PT Aneka Tambang yang signifikan ini disebabkan oleh adanya proses penandatanganan kerja sama antara Indonesia Battery Holding (IBH) dengan perusahaan asal negeri ginseng, Korea Selatan yakni LG Chem yang semakin mendekati final.

Indonesia Battery Holding merupakan sebuah konsorsium yang dibentuk oleh LG Energy Solutions yang terdiri dari empat perusahaan pemerintah yakni, MIND ID, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Pertamina, dan juga PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Kabar lainnya yang mempengaruhi pergerakan saham PT Aneka Tambang itu juga berasal dari CEO Tesla, Elon Musk yang diundang secara khusus oleh Presiden Joko Widodo. Undangan itu pun ditanggapi pihak Tesla dengan mengirimkan timnya pada bulan Januari 2021 mendatang. Selama ini Tesla memang sedang berusaha mencari peluang kerjasama dalam bidang industri kendaraan listrik dan komponen utama pembuat baterai listrik.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan komunikasi melalui panggilan telepon dengan Elon Musk yang membahas soal peluang investasi pabrik kendaraan listrik Tesla di Indonesia.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor  : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar