Detail Berita


Masa Depan Pertambangan Pada Penggunaan Teknologi Jarak Jauh


"Dump Truck di Site Penambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 10-12-2020

duniatambang.co.id - Pertambangan akan semakin berkutat pada seputar peningkatan produktivitas, kualitas dan keamanan di masa mendatang. Hal ini akan menghasilkan permintaan yang terus meningkat untuk mengukur dan mengevaluasi segala proses dan variabel kegiatan tambang yang relevan. Terlebih, apa yang tidak bisa diukur dan dianalisis maka tidak akan bisa dikendalikan. Di sinilah teknologi remote atau pengendalian jarak jauh kehadirannya sangat dibutuhkan.

Di tahun 2020 ini, di tengah krisis dan juga wabah pandemi kebutuhan akan teknologi remote yang sebelumnya berada pada kisaran menengah atau untuk jangka panjang, berubah menjadi prioritas. Kebutuhan dan percepatan dari transformasi digital sebuah perusahaan, tumbuh secara signifikan.

Lalu, apa yang sebenarnya paling dibutuhkan oleh teknologi digital ini? Jawabannya adalah kemampuan untuk terhubung dan mengeksekusi kegiatan operasional secara remote, dengan target untuk bisa menjaga kelancaran bisnis.

Nantinya, hal tersebut akan menghasilkan perubahan dalam bagaimana cara perusahaan bekerja dan terhubung di masa mendatang. Ada sejumlah keuntungan menarik dari WFH dan operasional secara remote dalam pasar dan industri yang berbeda.

Pertama adalah fleksibilitas. Banyak para profesional saat ini lebih memilih untuk bekerja dari rumah, karena fleksibilitas yang ditawarkan. Kemudian adalah masalah biaya dan efisiensi, di mana hal ini sangat jelas ketika perusahaan diharuskan untuk mendatangi lokasi tambang yang jauh, maka di situ dibutuhkan transport, waktu dan hal lain yang memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Memanfaatkan teknologi jarak jauh juga mencegah dari paparan resiko yang mungkin ada dalam kegiatan operasional penambangan. Mulai dari segala hal yang terkait dengan perjalanan, hingga paparan zat atau tindakan berbahaya. Mungkin selama ini perusahaan tambang bisa mengendalikan resiko di lapangan, namun tidak ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan keselamatan selain tidak terpapar oleh resiko tersebut.

Seringkali perusahaan menghabiskan waktu operasional dengan menunggu sebuah respon. Misalnya ketika perusahaan membutuhkan seorang yang ahli namun kondisinya adalah ahli tersebut tidak bisa datang. Maka, dengan kemampuan digital untuk bisa terhubung secara jarak jauh, maka ahli tersebut bisa mengerjakan tugasnya dari tempat dia berada.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memangkas waktu untuk transportasi dan menggunakan bahan bakar atau material lain, atau dengan mengurangi jumlah pekerja, akan mampu secara signifikan mengurangi emisi karbon dan juga limbah yang dihasilkan kegiatan operasional tambang.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !