Loading...
image

"Autonomous dump truck"
Sumber gambar: planet.com

Dunia Tambang / 27 November 2020 / 0 Komentar

Internasional Inovasi 

Lima Inovasi Terbaru di Dunia Pertambangan 2020 Tingkat Dunia

duniatambang.co.id - Industri pertambangan global terus berupaya untuk meningkatkan efektifitas eksplorasi dan produksi bahan baku mineral ekonomis. Hal tersebut bertujuan mewujudkan target memenuhi permintaan industri lain dan penjualan terhadap barang tambang. Perusahaan sebagai tokoh utama harus mulai menerapkan beberapa inovasi tertentu untuk mewujudkan target dan kenyamanan bagi pekerja.

Dilansir dari www.miningglobal.com, berikut lima inovasi terbaru yang telah diterapkan oleh dunia pertambangan tingkat global di tahun 2020.

1. Digital Twins

Suatu teknologi yang memanfaatkan big data dan digunakan untuk pemantauan kegiatan eksplorasi dari jarak jauh, sehingga dapat mengurangi pengeluaran. Perusahaan dapat melakukan simulasi untuk menentukan efisiensi dan produktivitas hasil tambang di masa yang akan mendatang. Selain itu, teknologi ini dapat membantu menyusun perencanaan operasional selama fase eksplorasi.

 

2. Perlengkapan Keselamatan Modern

Kolaborasi perlengkapan keselamatan kerja dengan teknologi modern dapat meningkatkan kualitas keselamatan kerja, sehingga dampak kecelakaan bisa berkurang. Perlengkapan pertama adalah SmartCap. Alat tersebut berupa helm APD yang dilengkapi sensor. Sensor ini bisa mendeteksi tanda atau gejala kelelahan pada pekerja yang memakai helm tersebut. Selain itu, helm APD ini dapat memprediksi dampak insiden yang terjadi di lokasi pertambangan. Perlengkapan kedua adalah sepatu bot khusus, yakni Centennial Coal yang menawarkan kestabilan, dukungan pergelangan kaki, anti air. Inovasi tersebut diharapkan dapat melindungi kesehatan

 

3. Model Bisnis Revolusioner

Perusahaan pertambangan seharusnya telah banyak memanfaatkan perangkat lunak secara efektif di masa kini. Hal ini tentu bisa membantu perusahaan tambang meraih sumber pendapatan baru yang potensial. Dalam waktu mendatang, perusahaan tambang bisa saja menjalankan bisnisnya dengan tidak berdiri sendiri lagi, tetapi bisa bekerja sama dengan perusahaan lain yang relevan. Contohnya adalah perusahaan pertambangan membangun wadah yang terintegrasi untuk menghubungkan kerja samanya dengan perusahaan dibidang pelayaran logistik. Hal ini berpotensi untuk meningkatkan efisiensi pengiriman logistik via jalur laut.

 

4. Logistik Otomatis

Pengiriman logistik otomatis telah diuji coba sejak 2017, yakni adanya pengiriman kereta api bijih besi tanpa pengemudi sejauh 100 km di Australia Barat. Rencananya akan ada kapal kargo otomatis yang sedang dikembangkan saat ini. Operasi ini tentu dapat memperluas kapasitas penyimpanan logistik perusahaan, menurunkan biaya tenaga kerja, dan membuat transportasi menjadi lebih aman dan efisien.

 

5. Pengumpulan data secara rutin

Pengumbulan data ini dapat membuat perusahaan pertambangan mengelola kegiatan operasional dari jarak jauh. Salah satu perusahaan yang sudah mencoba menerapkannnya adalah perusahaan tambang asal Swedia, yakni Boliden. Perusahaan ini menghubungkan sensor melalui bantuan robotik untuk mengumpulkan data di tambang  Garpenberg. Sensor ini juga berfungsi untuk memasukkan/menghubungkan data dari lapangan ke pusat kontrol untuk dioperasikan lebih lanjut. Perusahaan yang memanfaatkan data rutin melalui sensor pada perlengkapan operasionalnya dapat menerapkan pemeliharaan secara otomatis dan memprediksi penggantian komponennya.

 

Penulis : Muhammad Alzaid Ponka

Editor   : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar