Detail Berita


PT Sumbawa Juta Raya Garap Tambang Emas Baru di Sumbawa


"Emas"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 23-11-2020

duniatambang.co.id - Sebuah tambang emas baru dikabarkan akan beroperasi di wilayah Kecamatan Ropang, Kabupaten Sumbawa. Ini akan menambah deretan wilayah tambang di daerah tersebut, di mana sebelumnya sudah beroperasi tambang emas milik PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), yang berada di daerah Batu Hijau, Sumbawa Barat.

Adapun, pengelola tambang emas baru seluas 8.687 hektar itu diketahui adalah PT Sumbawa Juta Raya. Perusahaan tersebut telah mendapatkan izin dari pemerintah, dan saat ini statusnya sudah mulai melakukan tahap konstruksi dan akan segera memulai operasi produksi dalam waktu dekat.

Kabar tersebut pun dikonfirmasi oleh Kepala Dinas ESDM NTB, yakni Muhammad Riadi S.P Mec.Dev. Dirinya menjelaskan bahwa akses menuju area tambang itu masih sulit, karena lokasinya cukup terisolir. Hingga saat ini masih belum ada akses jalan raya untuk kendaraan. Yang dilakukan perusahaan selama ini untuk membawa alat-alat berat adalah dengan menggunakan jalur laut.

Dari data yang dimiliki oleh pihak Dinas ESDM NTB, diketahui ada beberapa Izin Usaha Pertambangan (IUP) logam dan Izin Pertambangan Rakyat (IPR) mineral logam, yang saat ini masih dalam tahap eksplorasi maupun sudah mencapai tahap operasi.

Untuk Izin Usaha Pertambanga logam, diketahui ada dua yang masih dalam tahap melakukan eksplorasi. Masing-masing diantaranya terdapat di daerah Sumbawa seluas 9.734 hektar dan satu lagi di daerah Sumbawa Barat seluas 23.242 hektar.

Lalu untuk yang sudah sampai pada tahap melakukan kegiatan operasional terdapat sebanyak 22 IUP logam. Rinciannya, 3 IUP logam berada di Lombok Barat dengan luas mencapai 3.730 hektar. Kemudian 1 IUP logam berada di Lombok Timur dengan luas mencapai 1.348 hektar. 5 IUP logam lagi dengan luas mencapai 30.580 hektar berada di Sumbawa.

Lokasi lainnya berada di daerah Dompu dengan jumlah 10 IUP logam dan luas area mencapai 8.120 hektar. Selanjutnya di Sumbawa Barat terdapat 1 IUP logam dengan luas cakupan area sebesar 24.722 hektar dan terakhir dua IUP di daerah Bima dengan luas area sebesar 18.202 hektar.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !