Detail Berita


Inilah Daerah Penghasil Bauksit di Indonesia


"Tambang Quarry Bauksit"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 17-11-2020

duniatambang.co.id - Bauksit, barang tambang ini memiliki manfaat yang luas dalam bidang industri maupun kehidupan sehari-hari. Salah satunya, bauksit digunakan untuk bahan baku pembuatan alumunium.  Beruntung Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah, seperti cadangan bauksit ini. Karena bahan tambang ini terbentuk oleh aktivitas pelapukan yang sebagian besar terjadi di hutan tropis.

Berikut daerah penghasil bauksit di Indonesia:

1. Riau

Bauksit yang sering dikenal sebagai bijih alumunium ini banyak terdapat di daerah Riau. Pulau Bintan dan Pulau Bulan yang sangat populer dengan cadangan besar dan tempat penambangan bauksit terbaik. Tambang ini sangat bersejarah, yang mulai dieksploitasi dari zaman kolonial Belanda hingga Jepang, sebelum kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Tak heran, produksinya sudah masuk ke pasar internasional.

2. Sumatera Utara

Penambangan bauksit dilakukan di kota Pinang. Proses penambangan membutuhkan proses penggalian yang sebelumnya membabat alas terlebih dulu. Setalah mengetahui prospek di daerah tersebut serta melakukan ekploitasi, kemudian dilakukan pengolahan untuk dimanfaatkan. Pemanfaatan bauksit ini dapat diolah menjadi material utama pembuatan kaleng, panci, dan perabotan rumah tangga lainnya.

3. Bangka Belitung

Prospek penggalian dan penambangan bauksit di provinsi ini cukup luas, seperti di kawasan Sigembir. Setelah proses penambangan, bauksit akan dicairkan agar mudah dibentuk. Jika sudah menjadi barang setengah jadi, tentunya dapat mempercepat proses selanjutnya.

4. Kalimantan Barat

Provinsi yang dilalui oleh garis khatulistiwa dan beriklim tropis ini sebagai prospek bauksit selanjutnya yang ada di Indonesia. Berlokasi di kawasan Munggu Besar, Sandai, Balai Berkuah, Mebukung, dan Pantus. Keberadaan tambang bauksit ini meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, karena bauksit memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Sangat beruntung tentunya, karena tidak semua tempat mempunyai potensi bahan tambang, khususnya bauksit.

 

Penulis : Fasda Akhsanul Latief

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !