Detail Berita


Perbedaan Intan, Berlian dan Permata


"Diamond"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-11-2020

duniatambang.co.id - Pernah mendengar tentang intan, berlian dan permata? Pasti Sobat Tambang tidak asing lagi. Tetapi, masih banyak yang salah kaprah mendefinisikannya, se akan-akan ketiga kata tersebut memiliki arti yang sama.  Sobat tambang wajib tahu perbedaan ketiga benda tersebut terlebih lagi jika ingin berinvestasi. Kira-kira apa perbedaan yang mendasar antara intan, berlian dan permata?

1. Intan

Intan merupakan batuan kasar yang belum diproses dan diolah, yang terbentuk dari mineral karbon murni yang mengkristal karena proses kimiawi di dalam perut bumi (tenaga endogen) selama ratusan hingga jutaan tahun. Keras dan mampu menyerupai prisma menjadi keunikan tersendiri dari intan.  Namun bagaimana proses mendapatkan intan di alam? Intan yang berada di dalam perut bumi ditambang secara mekanis dengan menggunakan peralatan canggih pastinya.

2. Berlian

Berlian dikenal sebagai mineral yang paling keras yang pernah ada. Jadi mengubah intan menjadi berlian tentu membutuhkan proses yang rumit, panjang dan butuh ketelitian. Maka dapat didefinisikan, bahwa berlian itu adalah intan yang telah dilakukan pemolesan dan pemotongan. Setelah melalui proses pemolesan, berlian tampak cemerlang yang merupakan kombinasi dari refleksi, dispersi, dan refraksi. Kemampuan ini menjadikan berlian tampak sangat mempesona.

3. Permata

Permata merupakan batu mineral yang dibentuk dari hasil proses geologi, dengan unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia. Tidak semua batuan dapat dikategorikan sebagai permata. Batu tersebut harus punya keindahan, kelangkaan dan ketahanan. Batu permata mempunyai banyak ragam bentuk dan sangat estetik, tak heran diminati oleh para kolektor batu permata walaupun harga jual dan beli yang fantastis.

 

Penulis : Fasda Akhsanul Latief

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !