Detail Berita


Mengenal Manfaat Pasir Besi


"Pasir besi"
Sumber gambar: market.bisnis.com


Tanggal terbit: 16-11-2020

duniatambang.co.id - Pasir besi merupakan jenis pasir yang mengandung besi (magnetit). Sering dijumpai di sepanjang pantai tampak berkilau dan berwarna hitam, semakin gelap warnanya tanda mengandung mineral besi yang tinggi. Cukup mudah menguji apakah merupakan pasir besi. Siapkan magnet, lalu dekatkan dengan pasir tersebut. Jika banyak mineral besi yang tertarik oleh magnet tersebut maka dipastikan pasir tersebut adalah pasir besi. Pasir besi terbentuk karena proses penghancuran oleh cuaca, air permukaan dan gelombang terhadap batuan asal yang mengandung mineral besi kemudian terakumulasi serta tercuci oleh gelombang air laut. Prospek pasir besi di Indonesia sudah diekplorasi bahkan dieksploitasi untuk dimanfaatkan. Penambangan pasir besi ini banyak dilakukan di sepanjang pantai barat Sumatera, pantai selatan Jawa dan Bali, hingga pantai utara Papua.

Selain nilai ekonomis tinggi, pasir besi punya manfaat untuk industri maupun pertambangan. Berikut manfaat pasir besi.

1. Pasir Besi Dukung Industri Baja

Pasir besi yang tediri dari pengotor Fe harus dipisahkan. Jika telah diperoleh Fe tanpa bahan pengotor, bisa langsung diolah menjadi baja. Penerapan teknologi pengolahan pasir besi yang tepat diharapkan dapat menyuplai bahan baku industri baja nasional, sehingga kemandirian industri baja nasional dapat terwujud. Baja sebagai bahan baku vital dalam industri, serta peran pentingnya seperti peralatan yang kita pakai sehari-hari yang didominasi terbuat dari baja.

2. Sebagai Bahan Baku Pembuatan Semen dalam Pembuatan Beton

Penambangan pasir besi di daerah pesisir Indonesia untuk mendapatkan pasir besi yang kemudian diolah menjadi semen dan beton. Semen dan beton dari pasir besi ini memiliki daya kuat tekan dan kuat tarik yang lebih baik dibandingkan yang lain.

3. Sarana Edukasi untuk Para Pelaku Penambangan

Cadangan pasir besi pasti akan habis, jika tidak ditambang dengan baik tentu berakibat dampak lingkungan yang buruk. Alasan ini mengedukasi para pelaku penambangan pasir besi untuk terus melestarikan alam di sekitar tambang pasir besi. Mengingat prospek dan banyak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari, ayo terus bangkitkan kesadaran untuk ikut melestarikan lingkungan.

 

Penulis : Fasda Akhsanul Latief

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !