Detail Berita


Ragam Bentuk CSR yang Dapat Dilakukan Perusahaan Pertambangan


"Ilustrasi CSR"
Sumber gambar: https://www.interregeurope.eu/road-csr/


Tanggal terbit: 12-11-2020

duniatambang.co.id - CSR atau Corporate Social Responsibility adalah bentuk tanggung jawab perusahaan atau koorporasi terhadap stakeholder, baik karyawan maupun masyarakat yang berada di sekitar daerah operasional perusahaan. Pelaksanaan CSR ini diatur oleh Peraturan Menteri sehingga perusahaan diwajibkan untuk melakukan CSR pada daerah operasi tambang. Salah satu Peraturan Menteri yang digunakan sebagai dasar pelaksaaan CSR, yakni Pasal No. 26 tahun 2018 Pasal 38. Pada ayat 2 pasal tersebut disebutkan bahwa pemegang IUP Operasi Produksi khusus pengolahan dan/atau pemurnian wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang paling sedikit terdiri atas: pemetaan sosial masyarakat sekitar lokasi fasilitas pengolahan dan/atau pemurnian, pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan tahunan, dan pembiayaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan tahunan.

CSR memiliki klasifikasi dasar dalam pelaksanaannya. Berdasarkan Wardaha (2009), perusahaan memiliki beberapa tanggungjawab, yakni tanggungjawab ekonomi, tanggung jawab hukum, tanggung jawab etis, dan tanggung jawab filantropis. Tanggung jawab ekonomi merupakan  tanggung jawab bagi pemegang saham, menyediakan pekerjaan yang bagus bagi para pekerjanya, dan menghasilkan produk yang berkualitas bagi pelanggannya. Tanggung jawab hukum adalah pelaksanaan penambangan sesuai dengan peraturan yang ada. Tanggungjawab  etis merupakan pelaksaanaan tambang yang berbasis moral dan tidak menimbulkan kerusakan. Terakhir, tanggungjawab filantropi yang merupakan kontribusi sukarela kepada masyarakat.

 CSR yang dilakukan pada masyarakat akan memiliki beberapa program terkait pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, lingkungan, dan infrastrukur. CSR yang dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat  dapat meliputi penyediaan infrastruktur pendidikan maupun pengajaran kepada masyarakat sekitar, penyediaan fasilitas kesehatan, agenda reboisasi maupun penanaman tanaman lingkungan hidup untuk melestarikan alam, dan pengembangan sosial budaya yang ada di masyarakat. Dalam masa pandemi ini, beberapa perusahaan melaksanaan CSR dengan cara yang adaptif. Menurut Triana dkk. (2020), beberapa inovasi CSR yang dilakukan selama pandemi antara lain: penyediaan APD dan alat kesehatan, seta renovasi fasilitas pada rumah sakit rujukan covid yang dilakukan oleh PT Pertamina. Selain itu, PT Pertamina memberikan bantuan dana dan modal kepada UMKM agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi.

Sesi Live Instagram Dunia Tambang yang pernah dilakukan beberapa waktu lalu, bersama Bu Hikmawaty, Praktisi CSR di PT Berau Coal menyebutkan bahwa dimana pun kegiatan pembangunan, tentunya punya dampak positif dan dampak negatif, CSR ini merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan dampak positifnya dan meminimalisir dampak negatif. CSR menjadi jalan bagi perusahaan untuk memberikan kebermanfaatan lebih kepada masyarakt yang ada di sekitar daerah tambang.

 

Penulis : Wahyu Ardiansyah

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !