Detail Berita


Peran Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Industri Pertambangan


"Peta Topografi Dunia"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 12-11-2020

duniatambang.co.id - Pesatnya perkembangan di bidang teknologi informasi membuat semakin banyak riset yang dilakukan untuk mendorong penemuan baru dalam dunia teknologi. Salah satu hasil riset tersebut adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographic Information System (GIS).  Penggunaan kata geografis erat kaitannya dengan persoalan bumi, baik permukaan secara dua dimensi ataupun tiga dimensi. Pada intinya informasi geografis ini memuat informasi tempat yang terletak di permukaan bumi, pengetahuan posisi suatu objek di permukaan bumi, dan informasi keterangan yang terdapat di permukaan bumi yang posisinya diketahui.

Berbagai industri sudah memanfaatkan teknologi ini, tak terkecuali industri pertambangan. Permasalahan yang terjadi di lokasi kerja tambang dapat dipetakan serta dianalisis untuk mendapatkan pemecahan masalah berbekal teknologi ini. Analisis data spasial dapat digunakan dalam kebutuhan pencatatan semua data sehubungan dengan struktur geografi tambang dan kota terdekat, data topografi, geologi, geokimia serta data satelit. Khususnya di area tambang, SIG dapat digunakan untuk zonifikasi lahan sesuai dengan pemetaan tata ruang area kerja tambang. Misalnya zonifikasi pemukiman, gedung/kantor pekerja tambang, keberadaan pabrik ataupun alat-alat berat. Selain itu, sistem informasi geografis ini dapat dilakukan untuk pengukuran, monitoring serta pemodelan, misalnya :

  • Pemetaan arah pemanfaatan area kerja tambang
  • Pemetaan perubahan lingkungan area kerja tambang
  • Pemetaan potensi daerah bahaya bencana alam
  • Pemetaan pembuatan jalur kendaraan untuk kegiatan operasional tambang

Pemanfaatan pesatnya kemajuan teknologi ini tentunya memiliki keuntungan seperti penerapannya mudah dan murah akan bermanfaat terutama bagi yang memiliki sumber daya terbatas.

 

Penulis : Fasda Akhsanul Latief

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !