image
Dunia Tambang / 29 June 2019 / 0 Komentar

Gegar! Freeport Pekerjakan Wanita Sebagai  Operator Alat Berat

duniatambang.co.id – Perubahan zaman semakin dirasakan dampaknya. Di dunia pertambangan, biasanya identik dengan pekerjaan laki-laki. Namun kini, perempuan bahkan banyak yang menduduki posisi-posisi penting di perusahaan tambang. Tidak hanya yang bersifat administratif, perempuan kini dipercaya untuk mengoperasikan alat berat yang notabenenya sebagai pekerjaan laki-laki.

Contohnya saja di Freeport, perempuan yang menjadi operator alat berat kini menjamur mencapai 75 orang. Baik operator yang mengendalikan secara langsung maupun operator yang mengendalikan dari sistem kontrol.

Meski tenaga perempuan dalam mengoperasikan alat berat kadang dipandang sebelah mata, perempuan dinilai lebih memiliki sifat kehati-hatian dan ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki. Tingkat produktivitas laki-laki dan perempuan dapat dikatakan memiliki kesamaan. Perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang pengembangan karir yang sama. Hanya saja, kebanyakan perusahaan pertambangan memperkerjakan laki-laki sebagai operator alat berat karena wanita dikhawatirkan memiliki risiko yang besar.

Menyandang gelar pekerjaan laki-laki, para perempuan pekerja operator alat berat kerap kali dicap sebagai perempuan tomboy. Saat berada di lokasi kerja, mereka macho didukung dengan busana kerja yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. Tapi jangan salah ketika mereka lagi di acara-acara yang dapat menunjukkan siapa mereka sebenarnya. Mereka tampil menjadi bidadari-bidadari yang menawan.

Untuk menjadi operator alat berat, perlu memiliki keahlian yang tinggi, ketelatenan dan kesabaran. Pekerjaan sebagai operator alat berat biasanya juga melalui tahap seleksi. Kini marak diadakannya pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan karir menjadi operator alat berat sehingga mendapatkan sertifikat keahlian. Dengan adanya pelatihan-pelatihan tersebut, membuka peluang bagi perempuan untuk berkarir sebagai operator alat berat.

(MS)

 

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar