Detail Berita


Fluktuasi Global Bikin HPE Tambang Ikut Naik Turun


"Ilustrasi pergerakan harga naik turun"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 11-11-2020

duniatambang.co.id - Fluktuasi yang terjadi pada harga bahan tambang secara global disebut memberikan pengaruh terhadap penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) terhadap produk hasil tambang yang dikenakan bea keluar untuk periode bulan November 2020. Hal ini diungkapkan oleh pihak Kementerian Perdagangan.

Lebih lanjut pihak Kemendag menjelaskan bahwa mayoritas HPE komoditas hasil tambang yang tercantum pada Permendag No.85 Tahun 2020 mengalami fluktuasi jika dibandingkan dengan HPE untuk periode sebelumnya yakni Oktober 2020.

HPE yang mengalami fluktuasi itu diantaranya adalah konsentrat bauksit, ilmenit dan mangan yang dilakukan pencucian. Adapun HPE yang dinaikkan tersebut disebabkan oleh meningkatnya permintaan pasar global.

Sementara sejumlah komoditas konsentrat seperti tembaga, besi, seng dan lainnya yang mengalami penurunan lebih disebabkan karena dampak wabah pandemi Covid-19 yang membuat kinerja industri terkait tidak stabil.

Pihak Kementerian Perdagangan juga menjelaskan bahwa HPE untuk komoditas konsentrat besi, pasir besi, mangan, ilmenit, dan rutil merujuk pada Asian Metal dan Iron Ore Fine Australian. Sementara untuk konsentrat tembaga, timbal, seng dan juga bauksit merujuk pada London Metal Exchange.

Konsentrat Mangan mencatatkan kenaikan harga dibandingkan dengan periode sebelumnya, yakni Oktober 2020, sekitar 1,04 persen atau sebesar USD213,63 per WE. Untuk konsentrat Ilmenit mengalami kenaikan sekitar 1,96 persen atau rata-rata sebesar USD289,35 per WE. Kemudian washed bauksit naik sekitar 1,12 persen atau rata-rata sebesar USD23,88 per WE.

Untuk sejumlah produk yang mengalami penurunan dibandingkan dengan HPE, diantaranya adalah konsentrat tembaga yang turun sekitar 1,77 persen dengan rata-rata harga sebesar USD2.850,77 per WE. Kemudian juga konsentrat besi yang turun sekitar 6,4 persen dengan harga rata-rata sebesar USD103,10 per WE.


 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !