Detail Berita


Kinerja Produksi Membaik, Darma Henwa Catatkan Laba Bersih USD1,05 Juta


"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 11-11-2020

duniatambang.co.id - Produksi batubara yang dicatatkan oleh PT Darma Henwa Tbk (DEWA) pada kuartal ketiga tahun 2020 ini mengalami kenaikan sebanyak 11,61 persen menjadi 12,77 juta ton. Diketahui pada periode yang sama tahun lalu, jumlah produksi batubara perusahaan berada di angka 11,44 juta ton.

Adapun pihak Darma Henwa menjelaskan bahwa penyumbang produksi terbesar perusahaan berasal dari tambang batubara yang ada di Bengalon, Kalimantan Timur. Diketahui jumlahnya mencapai 58,84 persen dari total keseluruhan produksi. Sementara untuk pengupasan tanah atau overburden removal menyumbang sebanyak 70,17 persen dari jumlah keseluruhan.

Dalam laporan secara terperinci hingga kuartal ketiga tahun ini, jumlah total pengupasan tanah oleh Darma Henwa mencapai 86,03 juta bcm. Jumlah ini naik sebanyak 4,02 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar 82,70 juta bcm.

Adapun penyebab dari meningkatnya kinerja pengupasan tanah perusahaan ini karena adanya dukungan alat yang semakin membaik, jumlah ketersediaan alat yang semakin banyak, semakin tingginya perbaikan alat yang dilakukan serta pemanfaatan peralatan yang efektif dan efisien.

Tentunya, meningkatnya kinerja produksi perusahaan berdampak pada membaiknya pendapatan yang dicatatkan oleh perusahaan. Diketahui Darma Henwa berhasil meningkatkan pendapatan hingga sebesar 30,51 persen menjadi USD169,11 juta hingga periode September 2020 ini. Jika dilihat pada periode yang sama untuk tahun lalu, pendapatan perusahaan hanya sebesar USD129,58 juta.

Kebijakan perusahaan yang berfokus pada sektor batubara adalah faktor utama di balik meningkatnya pendapatan perusahaan, seperti yang dijelaskan oleh pihak Darma Henwa. Pihaknya menambahkan bahwa seluruh tambang yang dikelola perusahaan, semuanya mencatatkan pertumbuhan pendapatan.

Dengan kenaikan pendapatan dari seluruh tambang yang dikelola, perusahaan pun mampu meraih laba bersih hingga sebesar USD1,05 juta. Hal ini sangat positif sebab pada periode yang sama tahun lalu, perusahaan justru mencatatkan kerugian hingga mencapai USD1,57 juta.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !