Loading...
image

"Nikel ore"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 10 November 2020 / 0 Komentar

Mineral Nikel 

Proses Pembentukan dan Prospek Nikel di Indonesia

duniatambang.co.id - Indonesia merupakan negara produsen bijih nikel terbesar di dunia dari tahun 2019 (ESDM, 2020). Pernyataan ini adalah bukti bahwa nikel akan menjadi komoditas andalan Indonesia di masa depan. Hal tersebut didukung pula dengan fungsi bahan baku nikel untuk pembuatan baterai mobil listrik. Sebelum eksistensi nikel semakin luas di Indonesia, ulasan sederhana mengenai asal mula terbentuknya nikel dan potensi sumber daya nikel di Indonesia perlu diketahui oleh kita.

Nikel terbentuk dari proses pelapukan batuan dasar. Batuan dasar tersebut mempunyai syarat tertentu, yakni memiliki kandungan Fe dan Al yang tinggi. Batuan beku basa dan ultrabasa adalah batuan yang mempunyai kandungan tersebut. Pelapukan batuan dikontrol oleh air meteorik yang jatuh ke bawah permukaan. Air tersebut membuat unsur Nikel mengalami transportasi dan terendapkan hingga ke bawah water tabel. Selain itu, letak geografis Indonesia berada di zona iklim tropis dan subtropis berkaitan dengan keberadaan endapan nikel laterit modern. Oleh karena itu, kita bisa menemukan potensi cadangan nikel cukup besar di Indonesia

Tren nikel menjadi komoditas serius untuk Indonesia. Jumlah produksi Nikel Indonesia sebesar 800.000 Ton di tahun 2019. Saat ini Indonesia memegang kendali pasar nikel dunia dengan 27%. Jumlah ini tentu akan terus bertambah seiring dengan permintaan bahan baku nikel untuk berbagai kebutuhan. Sumber daya nikel di Indonesia sejumlah sekitar 9,31 miliar ton dan cadangan sejumlah 3,57 miliar ton.

Berdasarkan ulasan yang telah dibahas, Indonesia mempunyai kekuatan cukup untuk komoditas Nikel di masa mendatang. Beberapa faktor sudah berpengaruh dan mendukung perindustrian nikel di Indonesia, seperti kondisi iklim sebagai pengaruh proses pembentukan dan permintaan yang terus meningkat. Oleh karena itu, perlu aturan dan kendali yang seimbang antara eksplorasi dan produksi agar menjaga kestabilan prospek nikel di Indonesia.   

 

Penulis : Muhammad Alzaid Ponka

Editor   : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar