Detail Berita


Indocement Buka Tambang Andesit Baru di Bogor


"Pabrik PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk"
Sumber gambar: indocement.co.id


Tanggal terbit: 09-11-2020

duniatambang.co.id - Beberapa waktu yang lalu, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) mengeluarkan pengumuman bahwa pihaknya telah membuka dan mulai mengoperasikan tambang andesit baru. Diketahui lokasi tambang andesit baru itu berada di daerah Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Adapun tambang ini nantinya diharapkan bisa mendukung usaha entitas anak dari PT Indocement yakni, PT Tarabatuh Manunggal, untuk menyediakan batu split.

Nantinya, batu split tersebut dibutuhkan oleh industri ready mix concrete atau beton siap pakai dan menyuplai ketersediaan bahan bangunan. Pihak perusahaan mengatakan bahwa dana yang telah digelontorkan dalam proyek ini mencapai Rp200 miliar.

“Dalam bisnis beton, selain membutuhkan ketersediaan semen dengan kualitas baik, dibutuhkan juga pasir dan batu yang berkualitas juga. Hal tersebut akan terpenuhi dengan hadirnya tambang baru di Cariu itu,” ungkap pihak Indocement.

Lebih lanjut, jumlah kapasitas produksi yang bisa dihasilkan dari tambang baru itu bisa mencapai 600 ton dalam setiap jamnya. Lalu dengan cadangan yang dimiliki saat ini, diperkirakan tambang bisa beroperasi hingga 20 sampai dengan 30 tahun yang akan datang.

Sementara soal akuisisi tambang baru lain, pihak Indocement masih belum berencana untuk melakukannya lagi. Mereka lebih memilih untuk fokus mengoptimalkan produksi pada tambang batu andesit baru di Cariu tersebut.

Hingga kini pihak Indocement masih belum melaporkan kinerja keuangan perusahaan untuk periode kuartal ketiga tahun 2020 ini. Akan tetapi jika melihat pada laporan keuangan perusahaan untuk periode semester pertama tahun 2020, nilai penjualan komoditas beton yang dicatatkan diketahui telah mencapai angka Rp464,54 miliar. Jumlah ini merupakan 7,52 persen dari pendapatan total Indocement dan komoditas ini juga menjadi penyumbang terbesar nomor dua untuk pendapat perusahaan secara keseluruhan.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Umar RP.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !