Detail Berita


Tersendat di Regulasi, Kapan Mobil Listrik Turun di Jalan?



Tanggal terbit: 28-06-2019

duniatambang.co.id - Terhambatnya regulasi mengenai aturan mengenai mobil listrik membuat mobil listrik di Indonesia belum jelas kepastiannya. Seperti yang dikutip dalam detik.com (Kapan Aturan Mobil Listrik Terbit), saat ini baru dua menteri yang menandatangani peraturan tersebut yaitu oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Regulasi ini digunakan untuk menjawab aturan standar teknis dalam produksi kendaraan listrik. Dikutip pada detik.com (Kapan Aturan Mobil Listrik Terbit), Direktur Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Syafrudin, menyatakan bahwa aturan yang belum disahkan ini menghambat industri untuk memproduksi kendaraan listrik. Menurut beliau perlu adanya kebijakan teknis sebagai standar pembuatan electric bus.

Menurut beliau kendaraan listrik yang kurang diminati oleh masyarakat disebabkan oleh mahalnya harga kendaraan listrik. Dengan adanya peraturan ini diharapkan harga mobil listrik dapat lebih murah dan minat masyarakat akan mobil listrik naik.

Pada realitanya Blue Bird telah mengoperasionalkan taksi listrik sebanyak 30 unit taksi pada Mei 2019. Mobil listrik yang digunakan blue bird memiliki spesifikasi merek BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D A/T. direncanakan pada tahun 2020, terdapat 200 unit taksi listrik yang beroperasi.

Penggunaan mobil listrik akan memberikan dampak positif bagi lingkungan. Dengan menggunakan mobil listrik kita dapat mengurangi polusi yang berada di kota khususnya di Indonesia, Kota Jakarta. Terciptanya lingkungan bebas polusi akan berdampak baik bagi kesehatan penduduk kota.

Selain lingkungan hidup, dalam pertambangan, dampak signifikan dapat diberikan pada produksi nickel. Penggunaan baterai dapat menyebabkan demand terhadap nickel kian naik. Hal ini tentu dapat memberikan keuntungan besar bagi penambang nickel di Indonesia khususnya di Sulawesi yang kaya akan kadar nickel.

(FPL)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !