Detail Berita


Tiga Bahan Tambang Umum yang Digunakan untuk Pembuatan Smartphone


"Ilustrasi Telepon Pintar/Smartphone"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 05-11-2020

duniatambang.co.id - Ponsel pintar atau smartphone merupakan perangkat serba bisa untuk memudahkan pekerjaan dan komunikasi. Pada era pandemi ini khususnya, penggunaan smartphone lebih sering dibutuhkan lagi untuk pertemuan secara daring, mengerjakan tugas sekolah/kantor, dan mungkin hanya sekadar untuk melepas penat. Situasi tersebut menjadi momen terbaik pula bagi masing-masing perusahaan smartphone untuk terus mengeluarkan variasi terbaru produk smartphone.

Produk ponsel terdapat beberapa komponen yang rupanya berasal dari bahan tambang. Artikel ini akan membahas tiga bahan tambang yang umum sebagai bahan baku smartphone.

1. Kobalt

Kobalt merupakan bahan baku yang sering digunakan untuk membuat baterai lithium. Beberapa perusahaan baterai yang mengolah bahan tambang tersebut dan disalurkan ke perusahaan smartphone seperti Apple, Samsung, Lenovo, Huawei, dan lainnya. Adapun negara Kongo merupakan negara penghasil Kobalt terbesar di dunia.

2. Timah

Timah adalah salah satu bahan tambang penting juga untuk komponen smartphone. Bahan tambang ini biasanya digunakan dalam solder untuk merekatkan resistor, transistor, dan rangkaian perangkat smartphone. Timah dipertimbangkan menjadi bahan perekat rangkaian komponen smartphone karena sifatnya anti karat, kuat, dan ringan. Bangka Belitung, Indonesia merupakan negara penghasil ekspor Timah terbesar kedua di dunia, yakni sekitar 1/3 timah dunia. Beberapa perusahan  smartphone seperti Apple, Samsung, Sony, dan LG mendapat pasokan timah dari Indonesia.

3. Pasir Kuarsa

Pasir kuarsa merupakan bahan baku utama untuk membuat kaca yang identik sebagai layar sentuh smartphone. Selain itu, terdapat beberapa produk smartphone kelas premium yang memanfaatkan material ini untuk body atau cover depan belakang handphone. Bahan galian industri pasir kuarsa ini terlebih dahulu diolah dengan cara pencucian, penghilangan senyawa pengotor, dan peleburan.

 

Penulis : Muhammad Alzaid Ponka

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !