Detail Berita


Lima Alat yang Wajib Dibawa Saat Eksplorasi Geologi!


"Alat eksplorasi geologi"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 30-10-2020

duniatambang.co.id - Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, eksplorasi adalah tahapan kegiatan usaha pertambangan untuk memperoleh informasi secara terperinci dan teliti tentang lokasi, bentuk, dimensi, sebaran, kualitas dan sumber daya terukur dari bahan galian, serta informasi mengenai lingkungan sosial dan lingkungan hidup. Dalam kegiatan eksplorasi ini, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah eksplorasi geologi yang membahasa mulai dari pemetaan hingga pemodelan geologi yang menyangkut sumber daya alam untuk mencari informasi tentang keadaan potensi geologi yang bernilai ekonomis. Untuk menunjang keberlangsungan eksplorasi geologi tersebut, dibutuhkan alat pembantu sehingga dapat memudahkan dalam kegiatan eksplorasi.

Berikut lima rekomendasi  alat yang wajib dibawa saat eksplorasi geologi:

1. Global Positioning System (GPS)

Global Positioning System (GPS) merupakan sistem satelit navigasi yang dikelola oleh Amerika Serikat sebagai alat untuk mengetahui posisi, koordinat dan rute perjalanan. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan cara mengirimkan sinyal terhadap satellite yang dapat digunakan setiap saat tanpa bergantunng waktu dan juga cuaca. Posisi yang ditentukan dengan GPS ini akan mengacu pada datum yang sama, yaitu datum global (WGS 1984).

2. Peta Geologi dan Topografi

Peta geologi merupakan bentuk ungkapan dan informasi geologi dari suatu wilayah yang menggambarkan informasi sebaran batuan, umur, stratigrafi, struktur, tektonika, fisiografi, dan sumberdaya mineral serta energy yang memiliki skala tertentu. Sedangkan peta topografi merupakan gambaran dari bentuk rupa bumi menggunakan kontur sebagai penunjuk ketinggian dari setiap titik. Kedua peta ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pemetaan kondisi geologi setempat, jenis medan dan juga luas daerah yang akan dilakukan eksplorasi geologi.

3. Kompas Geologi

Kompas geologi merupakan alat navigasi penunjuk arah yang berdasarkan arah magnetic bumi. Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur kedudukan daripada struktur geologi, penentuan arah mata angin, sudut lereng, strike, dip dan juga kemiringan daripada lapisan batuan.

4. Palu Geologi

Palu geologi digunakan untuk mengambil contoh batuan pada daerah eksplorasi, untuk nantinya dapat dilakukan analisis lebih lanjut. Palu geologi dibagi menjadi dua jenis, yaitu palu sedimen dan palu batuan beku, keduanya memiliki bentuk yang berbeda di bagian bentuk kepalaya, ujung kepala berbentuk runcing digunakan untuk batuan beku dan ujung kepala berbentuk pipih digunakan untuk batuan sedimen.

5. Loupe

Loupe merupakan kaca cembung yang memiliki titik fokus ditengah sehingga benda yang diamati menggunakan alat ini akan terlihat besar. Pada kegiatan eksplorasi geologi alat ini digunakan untuk memperjelas obyek dilapangan, misalnya untuk melihat jenis mineral pada batuan ataupun mengamati fosil-fosil pada batuan.

 

Penulis : Tasya Millenia

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !