Detail Berita


Indonesia Jadi Tuan Rumah Perhelatan Akbar Konferensi Coaltrans Asia ke-25



Tanggal terbit: 28-06-2019

duniatambang.co.id - Indonesia menjadi tuan rumah Coaltrans Asia ke-25 pada tahun 2019. Kegiatan ini diselenggarakan di Bali International Convention Center, The Westin Nusa, pada 23-25 Juni 2019. Acara ini dibuka langsung oleh Bambang Gatot Ariyono selaku Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral ‎(ESDM).

Dalam sambutannya, Gatot menyampaikan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan akbar pertemuan pengusaha batubara di Asia ini karena Indonesia termasuk produsen dan pengekspor batubara terbesar di dunia. Hal ini memungkinkan, para investor untuk berinvestasi pada sektor industri batubara di Indonesia.

Bambang juga menjelaskan , pemerintah mendukung perkembangan hilirisasi industri batubara melalui terbitnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pengusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara. Pada pasal 16 (3) menyatakan bahwa semua IUP Operasi Produksi dan IUPK Operasi Produksi diperuntukkan memberikan peningkatan nilai tambah batubara melalui peningkatan mutu, pembuatan briket dan kokas, pencairan, gasifikasi, dan coal slurry.

Pada acara ini, para pengusaha batubara bertukar pikiran mengenai bisnis batubara masa kini guna mempersiapkan ketahanan energi listrik yang berkelanjutan. Bambang berharap, acara ini menjadi tempat penyelesaian masalah energi batubara. Serta menyeimbangkan antara bisnis dan pengembangan energi batubara yang ramah lingkungan.

Dengan adanya Coaltrans Asia menjadi platform untuk jaringan seluruh pasokan batubara dari penambang hingga pengguna akhir. Melalui konferensi Transcoal Asia ke-29 yang terdiri dari diskusi dan pameran ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan  masyarakat sebagai dampak positif dari industri batubara.

(MS)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !