Detail Berita


Saham INCO dan ANTM Melesat Berkat Naiknya Harga Nikel Dunia


"Ilustrasi pergerakan harga saham"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 26-10-2020

duniatambang.co.id - Seiring dengan adanya kenaikan harga komoditas Nikel dunia, membuat saham milik PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik tajam pada perdagangan hari Rabu (21/10) kemarin.

Saham milik Vale ditutup mengalami penguatan sebanyak 200 poin atau sebesar 4,84 persen ke angka 4.330. Pada pembukaan perdagangan, nilainya dibuka pada level 4.200 yang kemudian mengalami pergerakan harga di range 4.190 hingga 4.350 di sesi pertama. Jumlah saham yang diperdagangkan diketahui mencapai angka 21,89 juta lembar saham. Sementara nilai total transaksinya sebesar Rp93,96 miliar.

Kemudian untuk saham milik Aneka Tambang, pada perdagangan periode tersebut di atas, jumlahnya ditutup mengalami penguatan sebanyak 100 poin. Bergerak positif sebanyak 9,66 persen ke level 1.135. Untuk penjualan sahamnya diketahui mencapai hampir 1 miliar lembar saham. Nilai transaksinya tercatat sebesar Rp1,06 triliun.

Jika melihat pergerakan perdagangan selama satu bulan terakhir, baik saham milik Vale Indonesia maupun Aneka Tambang, sama-sama mengalami penguatan yang cukup tajam. Dalam periode tersebut, saham Vale mengalami kenaikan sebesar 18,63 persen, sementara Aneka Tambang naik sebesar 51,33 persen.

Sementara faktor pemicu utamanya, yakni pergerakan harga komoditas nikel dunia, dalam beberapa sesi terakhir mengalami kenaikan. Catatan paling aktif terjadi di kontrak London Metal Exchange (LME). Jumlahnya diketahui naik sebanyak 2,17 persen menjadi USD15.911 per ton.

Seperti yang diketahui, pada awal tahun ini harga nikel masih berada di kisaran angka USD13.010 per ton, sehingga harga hari ini diketahui naik sebanyak 23 persen. Hingga saat ini, pergerakan harga nikel dunia cukup positif dan tajam. Terlebih jika melihat pada harga terendah pada tanggal 23 Maret 2020 lalu, jumlahnya telah naik tajam sebesar 45 persen.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !