Detail Berita


Catatan Kinerja Operasional DSSA Masih Positif di Semester Pertama 2020


"Ilustrasi uang kertas dan koin"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 23-10-2020

duniatambang.co.id - Sepanjang semester pertama tahun ini, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) mampu mencatatkan kinerja bisnis tambang dan penjualan komoditas batubara yang cukup menawan.

Dari data yang dilaporkan PT Dian Swastatika Sentosa, perusahaan mampu mencatatkan jumlah produksi batubara sebesar 17,6 juta ton di semester pertama 2020 ini. Jumlah ini diketahui mengalami kenaikan sebesar 33,3 persen dibandingkan dengan realisasi jumlah produksi pada semester pertama tahun 2019 silam, yang hanya sebesar 13,2 juta ton.

Hal ini seiring dengan jumlah penjualan batubara perusahaan yang juga mengalami pertumbuhan sebesar 28,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Diketahui pada semester pertama tahun 2019, penjualannya mencapai 14 juta ton dan tumbuh menjadi 18 juta ton di semester pertama tahun 2020.

Adapun sebagian besar penjualan batubara perusahaan berasal dari perdagangan ekspor yang mencapai 61 persen. Sementara sisanya sebanyak 39 persen dijual di pasar domestik.

Dengan nilai penjualan batubara sebanyak itu, pendapatan PT Dian Swastatika Sentosa pun ikut terkerek naik. Diketahui, jumlah pendapatan pada semester pertama tahun 2020 ini, nilainya mencapai USD581 juta. Peningkatannya diketahui sebesar 17,2 persen dari periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar USD495,9 juta.

Namun pertumbuhan produksi dan penjualan di atas, tidak dibarengi dengan baiknya catatan pendapatan perusahaan secara konsolidasi. Diketahui nilainya justru turun sebanyak 7,27 persen menjadi USD771,6 juta pada semester pertama tahun ini. Laba bersih perusahaan juga diketahui sama-sama mengalami penurunan sebanyak 11,5 persen menjadi USD42,3 juta.

Pihak perusahaan menjelaskan sejumlah penyebab dari menurunnya kinerja konsolidasi tersebut. Pertama dikarenakan adanya tekanan pada bisnis ketenagalistrikan, dan juga adanya penerapan Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) 16 pada laporan keuangan perusahaan.

Pihaknya PT Dian Swastatika Sentosa pun hingga saat ini belum bisa menginformasikan besaran proyeksi produksi dan penjualan perusahaan secara lebih terperinci hingga akhir tahun nantinya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor  : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !