Detail Berita


Intip Yuk Kondisi Terkini Tambang Pertama di Indonesia!


"Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto Jadi Warisan Dunia UNESCO"
Sumber gambar: Dok. Sekretariat Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO


Tanggal terbit: 22-10-2020

duniatambang.co.id - Tambang batubara Ombilin adalah tambang pertama di Indonesia yang berlokasi di Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat. Di Asia Tenggara, tambang batubara Ombilin juga disebut sebagai tambang tertua dan satu-satunya tambang batubara bawah tanah. Tambang batubara Ombilin sudah memulai operasi penambangannya sejak 1868 di bawah pimpinan kolonial Belanda hingga akhirnya kegiatan produksi diberhentikan pada Februari 2016 dan izin pertambangan berakhir pada Februari 2019.

Kini memang sudah tak ada lagi kegiatan operasional tambang batubara Ombilin. Dilansir dari press release PT Bukit Asam Tbk pada 6 Juli 2019, lubang tambang batubara Ombilin sudah diubah menjadi Lubang Pendidikan yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat untuk mempelajari proses penambangan batubara bawah tanah. Selain itu di lokasi ini juga dibuka Museum Tambang Batubara Ombilin yang digunakan sebagai tempat untuk memamerkan diorama proses penambangan dan memamerkan beberapa peralatan yang digunakan untuk menambang batubara. Di komplek tambang batubara Ombilin, dapat dilihat juga beberapa peninggalan asli seperti Terowongan Mbah Soero, perumahan pekerja dan pekerja tambang (Tangsi Baru dan Tanah Lapang), pemfilteran batubara, pabrik kereta api, dan kantor pemerintah.

Tak hanya itu, Indonesia patut bangga karena UNESCO telah menetapkan tambang batubara Ombilin sebagai warisan budaya dunia ‘Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto’ pada tahun 2019. Dilansir dari kompas.com, warisan tambang batubara Ombilin dinilai unggul dalam dua kategori Nilai Universal Luar Biasa (Outstanding Universal Value), yaitu kriteria II dan kriteria IV. Penilaian pada kriteria II menyebutkan bahwa warisan tambang barubara Ombilin menunjukkan adanya pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa terkait eksploitasi batubara pada masa akhir abad ke-19, sementara penilaian pada kriteria IV menyebutkan bahwa warisan tambang batubara Ombilin memberikan contoh gambaran tahapan penting sejarah manusia yang luar biasa karena secara signifikan dapat mengubah lanskap pedesaan Sawahlunto menjadi kota industri pada masanya.

Meskipun kejayaan tambang batubara Ombilin dalam menghasilkan batubara berkualitas terbaik sudah menjadi kenangan, namun kehadiran bekas tambangnya tidak akan mati dan akan terus menjadi suatu kejayaan tersendiri dalam sejarah pertambangan Indonesia dan sejarah warisan dunia.

 

Penulis : Iqlima Nur Annisa

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !