Detail Berita


Wah Sulfur Termasuk Bahan Baku Produk Kecantikan


"Penambangan Sulfur"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 21-10-2020

duniatambang.co.id - Apakah kamu tahu kalau produk perawatan kulit/skincare berasal dari bahan tambang? Saat ini, produk perawatan kulit sedang marak sekali di Indonesia. Beberapa perusahaan lama dan baru juga telah mengeluarkan beberapa produk inovasi perawatan kulit. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan produk tersebut, khususnya kaum wanita. Untuk pembuatan produk perawatan kulit tersebut, dibutuhkan bahan baku yang memadai. Kita mungkin tidak menyangka bahan baku untuk pembuatan produk skincare berasal dari bahan tambang, salah satunya adalah Sulfur. Mineral berjenis mineral industri tersebut perlu dibahas dari proses terbentuknya, pengolahan menjadi suatu produk perawatan kulit, dan keunikan khususnya.

Sulfur merupakan unsur kimia yang terendapkan di batuan karena fluida yang mempunyai pH asam dan suhu tinggi berinteraksi dengan batuan sekitarnya. Kandungan pH asam terdapat pada fluida disebabkan oleh air hujan masuk ke bawah permukaan dan mengalami pemanasan oleh magma. Magma tersebut mengandung H2S (Hidrogen Sulfida), sehingga air hujan menjadi panas dan terkandung unsur sulfur dan asam. Proses-proses tersebut menyebabkan batuan yang mengandung Sulfur dapat muncul di permukaan seperti yang kita pernah lihat selama ini di Kawah Ijen, Gunung Dieng, dan lokasi lainnya.

Sulfur mempunyai identitas berwarna kuning agak kehijauan dan biasanya berada di daerah pegunungan tinggi. Sulfur ini memiliki bau yang cukup menyengat hidung, seperti telur busuk. Sulfur dapat diolah menjadi produk perawat kulit karena unsur yang dikandung di dalamnya dapat bereaksi baik di kulit, seperti membunuh bakteri dan kuman. Pengolahan bahan baku sulfur dapat diolah menjadi beberapa bentuk, seperti bubuk, losion, krim, sabun, bahkan masker. Pengolahan tersebut  dikombinasi juga dengan bahan kimia lain yang tentunya teruji klinis aman untuk kulit.

Saat ini, beberapa area alami dapat dijadikan media perawatan dan penyembuhan masalah kulit. Contohnya adalah kolam air panas di beberapa tempat, seperti pemandian air panas alami Sari Ater, Galunggung, Bali, dan lokasi lainnya. Hal tersebut membuat keunikan Sulfur yang dapat terkandung di kolam air panas secara alami.

Sulfur mempunyai penyebaran yang sangat luas di Indonesia. Sulfur tidak hanya memiliki manfaat alami, tetapi manfaat ekonomi untuk masyarakat lokal. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif kesejahteraan ekonomi untuk seluruh masyarakat. Oleh karena itu, Sulfur sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan kehidupan manusia.

 

Penulis : Muhammad Alzaid Ponka

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !