Detail Berita


Royalti Nol Persen UU Cipta Kerja, Kembalikan Optimisme Pengusaha Batubara


"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-10-2020

duniatambang.co.id - Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin (05/10) kemarin, memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap industri batubara nasional. Utamanya adalah mengenai adanya aturan soal royalti sebesar 0 persen bagi para pelaku industri batubara yang melakukan program hilirisasi.

Seperti yang diketahui, aturan yang mengatur masalah royalti sebesar 0 persen tersebut, tertuang dalam pasal 39 Undang-Undang Cipta Kerja. Bagi para pengusaha batubara, tentunya ini menjadi angin segar, dan bisa membuat iklim investasi ke depan semakin bagus.

Pasalnya selama ini salah satu kendala paling besar dalam mengembangkan industri batubara di Indonesia adalah masalah nilai investasi yang terlalu mahal, sementara Return of Investment atau balik modalnya cukup lama, untuk mereka yang ikut dalam program hilirisasi.

Sehingga bagi para pengusaha tambang batubara, memang sudah selayaknya aturan semacam ini dibuat, dan royalti 0 persen perlu diberikan sambutan hangat.

Masalah keekonomian industri tambang batubara perlu didukung dengan masukan dari berbagai banyak pihak kepada pemerintah, sehingga kebijakan yang sudah dikeluarkan bisa berjalan secara efektif seperti yang diharapkan dan tidak lantas menjadi beban untuk para pelaku usaha industri tambang batubara.

...

Cek lebih lanjut, silahkan Login/Daftar dahulu.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !