Detail Berita


Cerita Yuski, Bocah 9 Tahun Yang Lihai Kemudikan Excavator Tambang


"Excavator Bakchoe"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-10-2020

duniatambang.co.id - Seorang bocah berusia 9 tahun di Kota Palopo yang bernama Yuski Yusak ini menarik perhatian warga. Pasalnya dengan usia yang masih tergolong kecil itu, dia sudah lihai mengemudikan excavator tambang.

Dia bahkan mengemudikan excavator itu untuk mengeruk pasir di sungai, dan kemudian memindahkannya ke bak truk pengangkut yang sedang antri berjejer. Hal itupun dia kerjakan layaknya seorang operator excavator yang sudah profesional, tanpa ada pasir yang terjatuh ke tanah. Mulut bak excavator pun juga tidak menyentuh bak truk saat proses pemindahan.

Anggota keluarga Yuski Yusak mengatakan bahwa sudah sejak berusia lima tahun, Yuski berani mengemudikan excavator tersebut. Yuski diketahui paham mengendalikan excavator karena hampir tiap hari waktu kecil, ikut ayahnya ke area tambang pasir. Di situ dia mengamati para operator yang sedang mengemudikan excavator.

Hanya berbekal ilmu otodidak dengan melihat orang dewasa mengendalikan excavator, Yuski kemudian memberanikan diri untuk mencobanya. Saat duduk di bangku TK Nol Besar, Yuski pertama kali mengemudikan excavator tersebut.

Informasi yang didapat, Yuski saat ini tinggal bersama orang tuanya di Desa Sriti, Lamasi, Kota Palopo. Maklum ternyata pemilik area tambang pasir itu tidak lain adalah ayahnya sendiri, sehingga dia bisa diberi kesempatan untuk mengemudikan excavator.

Kini dalam sehari Yuski bisa mengisi pasir untuk 10 truk. Hal itu pun dilakukan bukan karena paksaan atau dipekerjakan, namun karena kemauan dari Yuski sendiri dan mungkin dia anggap sebagai sarana bermain.

Pihak keluarga mengatakan, sering kali jika ayah Yuski kedapatan tidak berada di area tambang, diam-diam Yuski mengambil kunci excavator dan menaiki alat berat tersebut untuk dikemudikan memindahkan pasir.

Namun rupanya Yuski tidak hanya pandai mengemudikan excavator, tetapi juga lihai mengemudikan mobil tongkang dan juga truk besar yang mengangkut pasir.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !