Detail Berita


Inilah 5 Wanita Tambang Inspiratif di Asia, Siapa Saja?


"Pekerja wanita di site pertambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-10-2020

duniatambang.co.id - Dahulu kedudukan wanita dalam masyarakat tambang sering dianggap lebih rentan dan masih dianggap sangat berisiko pada setiap fase pertambangan, mulai dari eksplorasi sampai penutupan tambang. Secara umum perspektif ini didasarkan pada sudut pandang masyarakat terhadap peran wanita yang berbeda sehingga kegiatan pertambangan lebih banyak didominasi oleh pria. Namun seiring perkembangan zaman wanita dapat turut andil dan mempunyai peranan penting dalam kegiatan ini, bahkan kehadirannya dapat memberi inspirasi baru bagi masyarakat khususnya para wanita lainnya.

Dilansir dari 100 Global Inspirational Women in Mining pada tahun 2013 dan 2018, berikut kelima wanita Asia yang berhasil menjadi sosok inspiratif di dunia pertambangan.

1. Kehui Zhang (Cina)

Jabatan saat ini: Kepala Pejabat Keuangan (CFO) di China Shenhua Energy Company Limited.

Zhang mendapatkan gelar BA dalam bidang Sastra Cina dari Universitas Shanxi pada tahun 1985 kemudian mendapatkan gelar master di bidang teknik dari Universitas Pertambangan dan Teknologi Cina. Zhang menghabiskan banyak waktu luangnya dalam penelitian akademis dan telah menerbitkan lebih dari 20 makalah, termasuk Chinese Coal Sector Entering into a Period of Strategic, Internal Control Innovation in China from a Philosophical Perspective dan Interpretation of China Shenhua’s Low-cost Strategy. Makalah berjudul Pengembangan Konsorsium untuk Ladang Batubara di Cina Barat memenangkan Penghargaan Kontribusi Khusus untuk Ekonomi Pasar dalam Industri Batubara pada tahun 2001.

Dari 2004-2005, Zhang sepenuhnya terlibat dalam restrukturisasi Shenhua Group dan IPO (Initial Public Offering) China Shenhua di Hongkong pada tahun 2007. Setahun sebelumnya, Zhang memimpin proyek untuk menciptakan sistem pengendalian internal berbasis risiko di Shenhua, yang sangat diperhitungkan oleh Komisi Pengawasan dan Administrasi Kekayaan Negara (SASAC), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Zhang memenangkan penghargaan berupa China Outstanding CFO pada tahun 2007, China CFO of the Year pada tahun 2008, CIMA Leadership Award of the Financial Sector pada tahun 2011, Female Figure for the Chinese Economy pada tahun 2011, dan sejumlah gelar kehormatan lainnya.

...

Cek lebih lanjut, silahkan Login/Daftar dahulu.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !