Detail Berita


Rencana Investasi Tesla di Indonesia, Dapat Sambutan Baik dari Trinitan Metals & Minerals


"Pengisian Daya Mobil Listrik Tesla"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 15-10-2020

duniatambang.co.id - Perusahaan asal Amerika yang bergerak di bidang kendaraan listrik dan energi bersih, Tesla, Inc. dikabarkan akan melakukan investasi di Indonesia. Hal ini pun disambut baik oleh PT Trinitan Metals & Minerals Tbk (PURE). Saat ini kabar investasi itu diketahui dalam tahap pembicaraan awal antara pemerintah dengan Tesla.

PT Trinitan Metal & Minerals sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan teknologi pemurnian mineral, eksplorasi tambang dan juga pengelolaan limbah tambang. Teknologi yang sedang dikembangkan oleh perusahaan ini adalah teknologi Hidrometalurgi Step Temperature Acid Leach (STAL). Ini merupakan sebuah teknologi pemurnian berlapis yang menghasilkan limbah padat tanpa memerlukan air yang banyak dan energi yang minimal.

Baca juga: Peran Kobalt dalam Industri Mobil Listrik Ultium Dunia

Pihak Trinitan Metal & Minerals mengungkapkan bahwa teknologi yang dimiliki perusahaan optimis mampu untuk mendukung operasional Tesla di Indonesia nantinya. Pihaknya mengklaim mampu menghasilkan produk nikel 99,96 persen, produk nikel sulfat, dan kobalt sulfat yang bisa digunakan oleh produsen baterai lithium ion.

Skema mine-mouth leaching plant juga tengah dikembangkan oleh Trinitan Metal & Minerals dan diterapkan pada kerjasama bersama penambang nikel di Sulawesi. Teknisnya, di setiap mulut tambang nikel yang dimiliki para penambang, dibangun leaching plant.

Lebih lanjut, leaching plant tersebut memiliki tugas mengolah bijih nikel laterit untuk kemudian dijadikan produk Crude Mix Hydroxide Precipitate (MHP) dan Mix Sulphide Precipitate (MSP). Kadar nikel yang digunakan sebanyak 24 sampai 40 persen untuk kemudian diolah lagi menjadi nikel 99,96 persen, kobalt sulfat dan nikel sulfat.

Prosedur yang dilakukan Trinitan Metal & Minerals rupanya juga mampu menyesuaikan dengan permintaan bos Tesla, Elon Musk supaya para penambang nikel bisa menjaga kelestarian lingkungan. Sebab hasil galian yang telah melalui proses pemurnian, bisa dilakukan penyuburan kembali dan dikembalikan ke lokasi untuk dilakukan penanaman.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor  : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !