Detail Berita


Ini Penyebab IPO Amman Mineral Ditunda Hingga 2021


"PT Amman Mineral Nusa Tenggara"
Sumber gambar: amnt.co.id


Tanggal terbit: 15-10-2020

duniatambang.co.id - PT Medco Energi Internasional Tbk mengatakan bahwa perusahaan membatalkan rencananya untuk melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum saham perdana untuk Amman Mineral pada tahun ini. Adapun alasan Medco Energi karena melihat kondisi pasar global saat ini yang dianggap kurang mendukung strategi tersebut.

Namun lebih lanjut pihaknya mengatakan pembatalan tersebut, tidak serta-merta menghilangkan rencana IPO, karena Medco Energi sendiri sedang melakukan kajian ulang dan menunggu kondisi pasar membaik terlebih dahulu untuk kemudian melantai di bursa saham.

Amman Mineral sendiri merupakan pengelola tambang emas dan tembaga Batu Hijau yang ada di wilayah Kepulauan Sumbawa. Mereka juga diketahui memiliki akses pada sejumlah prospek eksplorasi serta temuan cadangan dengan jumlah cukup banyak di Elang.

Rencana melantainya Amman Mineral di lantai bursa ini sebenarnya infonya sudah beredar cukup lama. Kala itu bahkan disebutkan besaran dana yang diincar mencapai angka USD600 juta lewat IPO tersebut.

Pada bulan Februari tahun ini, dikabarkan juga sebanyak 10 persen saham milik Amman Mineral Internasional, anak usahanya, telah dijual dalam sebuah perjanjian jual beli yang ditandatangani dengan PT Sumber Mineral Citra Nusantara (SMCN).

Perjanjian jual beli tersebut memiliki nilai transaksi yang diketahui sebesar USD200 juta. Nilai transaksi sebesar itu akan sepenuhnya diterima oleh perusahaan pada kuartal pertama tahun 2021 mendatang. Sumber Mineral Citra Nusantara sendiri telah memberikan uang muka sebesar USD10 juta yang diserahkan pada tanggal 7 April 2020 lalu.

Dalam transaksi itu, terdapat juga klausul tambahan yang memungkinkan Sumber Mineral Citra Nusantara membeli saham tambahan milik Amman Mineral sebanyak 10 persen dengan harga opsi sebesar USD10 juta yang jadwal pembayarannya ditentukan kemudian setelah Amman Mineral melakukan IPO.

Tak hanya Amman Mineral, Medco Energi juga berencana untuk menawarkan saham PT Medco Power Indonesia di lantai bursa. Namun rencana tersebut belum bisa dipastikan kapan dilakukan atau mengenai detailnya secara lebih jelas.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !