Detail Berita


PT Timah Ekspansi ke Tambang Batubara di Kalsel


"PT Timah Tbk"
Sumber gambar: eksplorasi.id


Tanggal terbit: 14-10-2020

duniatambang.co.id - PT Timah Tbk dikabarkan baru saja selesai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama atau MoU dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan. Perjanjian tersebut untuk mengatur perlindungan hukum antara PT Timah dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, guna melakukan penambangan di wilayah tersebut.

Anak usaha PT Timah, yakni PT Tanjung Alam Jaya (TAJ) yang menjalankan usahanya di Banjarbaru, untuk melakukan kegiatan penambangan batubara di daerah Pengaron, Kabupaten Banjar. Ini merupakan bagian strategi dari sang induk, PT Timah guna melebarkan sayap usaha mereka.

Penandatanganan kerjasama atau MoU tersebut dihelat di aula Anjung Papadaan yang dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, Arie Arifin SH MH. Adapun pihak PT Timah mengaku dalam melebarkan sayap barunya di Kalimantan Selatan itu, sudah mendapatkan restu dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Pihak PT Timah pun menjelaskan alasan mereka untuk mengembangkan bisnis di pertambangan batubara tersebut. Menurut pihaknya, sebenarnya sudah dari tahun 2003 hingga 2004 perusahaan melakukan pembelian lahan tambang di daerah tersebut. Selama ini PT Timah memang utamanya bergerak di tambang timah dan non-timah, salah satunya adalah tambang batubara.

Karena melihat cadangan timah di lahan yang sudah dibeli tersebut tidak ada, maka pihaknya akhirnya memutuskan untuk menambang batubara. Dari pertambangan batubara itu, PT Timah berharap bisa memberikan tambahan komersial yang lebih baik lagi kepada negara.

Sementara itu PT Tanjung Alam Jaya yang berwenang dalam pengelolaan tambang tersebut menjelaskan bahwa selama ini pihaknya selalu mengedepankan tiga pegangan yang selama ini selalu dijaga dalam setiap kegiatan penambangannya. Yakni membangun peradaban, meningkatkan kesejahteraan serta menyiapkan masa depan yang lebih cerah.

Pihaknya juga berbicara mengenai rencana ekspansi kegiatan penambangan ke depan, di mana PT Tanjung Alam Jaya memiliki strategi untuk mengintensifkan dan serta memaksimalkan jumlah cadangan yang dimiliki, sehingga kegiatan eksploitasi bisa berjalan dengan lancar.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !