Detail Berita


Bekerja di Tambang? 11 Hal Ini Dapat Menghilangkan Rasa Jenuh Ketika Onsite!


"Ilustrasi pekerja yang rehat bekerja"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 14-10-2020

duniatambang.co.id - Pekerja tambang bisa menghabiskan waktu sekitar 4-8 minggu untuk bekerja di site. Hal ini tentunya membuat para pekerja tambang hidup dalam lingkungan monoton yang dapat berujung pada rasa jenuh. Pada dasarnya, rasa jenuh yang timbul merupakan hal yang manusiawi. Untuk mengatasi rasa jenuh tersebut ada 11 cara yang dapat Sobat lakukan.

11 Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh di site:

1. Menghubungi keluarga atau kerabat

Ketika jenuh, Anda dapat menghubungi keluarga atau kerabat dekat. Awali lah dengan menanyakan kabar mereka. Selain mengetahui kabar mereka, secara langsung hal ini akan menjadi pengingat alasan anda berada di site. Tentunya hal ini akan membuat anda lebih bersemangat.

2. Menulis artikel pada blog pribadi

Menurut riset yang dilakukan University of Texas, blogging dapat mengurangi tingkat stress dalam diri seseorang. Selain itu menulis dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi yang dapat menghilangkan kejenuhan. Jika anda seorang yang tidak terbiasa blogging, mulai lah dengan menulis tentang hal-hal yang anda sukai. Saat ini sudah banyak platform yang menawarkan situs gratis.

3. Mendekorasi meja kerja atau barak

Kesan monoton terjadi ketika anda melihat suatu hal yang sama dalam kurun waktu yang sangat sering. Maka dari itu, mendekorasi meja kerja atau barak bisa jadi pilihan yang tepat. Anda dapat memulainya dengan menaruh bingkai foto, dekorasi warna favorit, ataupun benda lain yang anda sukai.

4. Isi hari istirahat dengan berpetualang di sekitar site

Setiap perusahaan tambang memiliki kebijakan waktu istirahat yang berbeda-beda dan setidaknya memiliki 1 hari libur dalam 2 minggu. Cobalah gunakan waktu tersebut untuk berpetualang ke sekitar site, dengan ini anda akan memiliki pemandangan baru yang tidak membosankan dari site.

5. Mengikuti webinar atau MOOC

Kehidupan site yang monoton bisa jadi faktor utama yang membuat anda bosan. Cobalah untuk mempelajari hal-hal baru yang sekiranya memiliki topik diluar pekerjaan anda di pertambangan. Tidak hanya menghilangkan pikiran monoton, dengan ini anda juga dapat membangun wawasan. Webinar bisa jadi pilihan yang tepat bagi anda yang memiliki jam istirahat lebih banyak. Sebaliknya jika anda memiliki waktu istirahat yang lebih sedikit, MOOC (massive open online course) bisa jadi pilihan yang tepat karena waktu aksesnya yang fleksibel.

6. Rehat sejenak disela-sela bertugas

Ketika rasa jenuh menyerang secara tiba-tiba anda dapat beristirahat sekitar 3-5 menit. Ketika melakukan hal ini, mendengarkan musik atau sekedar melihat lingkungan sekitar bisa jadi pilihan. Bermain media sosial ketika rehat pun juga dapat mengurangi kejenuhan, tetapi hal ini sangat tidak direkomendasikan karena bisa jadi justru memecah konsentrasi dan menyebabkan anda berlama-lama untuk rehat.

7. Bergaul dengan departemen lain

Site tentunya memiliki dari berbagai macam departemen dengan latar pekerja yang berbeda-beda. Mulailah dengan mengunjungi departemen terdekat, karena selain dapat menghilangkan pikiran monoton anda pun dapat mempeluas koneksi profesional.

8. Gamifikasi pekerjaan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh di Université de la Sorbonne Nouvelle Paris, salah satu terobosan untuk menghilangkan kejenuhan didalam bekerja adalah dengan memasukkan konteks “game” kedalamnya. Gamifikasi masih tergolong baru dalam dunia pekerjaan. Misalnya dengan mengadakan kontes dalam skala tim atau departemen, kemudian mencatat setiap pekerjaan dengan hasil yang sangat baik. Jika anda menang, anda akan menerima hadiah atas kinerja anda. Cara ini sangat bagus untuk menangkal rasa bosan dan jenuh.

9. Konsultasikan pada atasan

Sebelum melakukan hal ini cobalah terlebih dahulu mengidentifikasi hal apa yang membuat anda jenuh, karena semakin jelas penyebabnya akan semakin tepat pula langkah yang harus diambil. Kemudian jangan segan-segan untuk berkonsultasi pada atasan, karena merekalah yang lebih berpengalaman dalam menghadapi situasi di site.

10. Selalu bersyukur

Bekerja di pertambangan memang memiliki kebanggaan tersendiri terlebih di mata masyarakat. Bayangkan bahwa diluar sana banyak orang menginginkan pekerjaan anda, maka dari itu tetap lah bersyukur. Dengan bersyukur akan menciptakan emosi yang positif dan pola pikir yang sukses.

11. Ambil jatah cuti

Apabila rasa jenuh sudah tidak dapat terobati, mengambil jatah cuti adalah jalan terakhir yang tepat. Karena jenuh sangat berbahaya dan bisa jadi membuat pekerjaan anda tak terselesaikan atau berantakan. Meskipun harus merelakan sedikit gaji, tetapi kesehatan psikologi juga perlu diperhatikan. Namun perlu diingat jika anda melakukan ini, manfaatkan momen cuti ini dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Berniat Jadi Pekerja Tambang? Kenali Sistem Kerja Roster Ini

 

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !