Detail Berita


Begini Cara Tingkatkan Produktivitas Penambangan Quarry Limestone


"Batu Gamping"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 14-10-2020

duniatambang.co.id - Batugamping (limestone) merupakan bahan baku semen, dalam proses pembentukannya, batugamping terbentuk dengan porositas sekunder yang terkadang dapat berfungsi sebagai tempat cadangan air atau sistem hidrogeologi yang lain. Dalam sistem hidrogeologi di dalam batugamping, fenomena seperti bentuk rongga, gua sangat sering ditemui.

Apa dampak dari keberadaan rongga/gua di area pertambangan batugamping ?

Keberadaan rongga tersebut dikhawatirkan dapat menyebabkan subsidence (turunnya muka tanah) dan membuat alat-alat berat terpelosok ke dalam rongga ketika operasi penambangan berlangsung. Penambangan ini sering kali menggunakan teknik blasting (peledakan). Setelah peledakan, material yang terfragmentasi akan terlihat dari ukuran material tersebut. Besar kecilnya ukuran/bongkahan batugamping menandakan ada atau tidaknya rongga/gua bawah permukaan. Semakin kecil material setelah diledakkan, berarti tidak ada rongga, maka semakin baik sebagai bahan dasar pembuatan semen. Oleh sebab itu, perlu dilakukan identifikasi pemetaan tentang persebaran keberadaan rongga yang terdapat di area kuari untuk meningkatkan mutu dan produktivitas batugamping.

Bagaimana cara identifikasi persebaran rongga di area quarry limestone?

Pendekatan teknis yang digunakan untuk mengetahui letak, kedalaman dan dimensi keberadaan rongga - rongga tersebut adalah metode geolistrik. Metode geolistrik adalah salah satu metode geofisika yang digunakan untuk menyelidiki kondisi bawah permukaan, yaitu dengan mempelajari sifat aliran kelistrikan pada batuan di bawah permukaan bumi.

Setelah melakukan survey geolistrik, langkah selanjutnya adalah mengolah data tesebut kemudian melakukan interpretasi.

Hasil pengolahan geolistrik bertujuan untuk mengetahui keberadaan rongga/gua di bawah permukaan. Adanya keberadaan rongga bawah permukaan tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan eksploitasi batugamping agar dapat meningkatkan mutu, produksi dan keselamatan kerja.

 

Penulis : Fasda Akhsanul Latief

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !