Detail Berita


Terbukti Sebagai Mineral Terkuat, Inilah Keberadaan Tambang Intan di Dunia


"Intan"
Sumber gambar: geologyn.com


Tanggal terbit: 13-10-2020

duniatambang.co.id - Intan atau yang biasa dikenal sebagai sebagai berlian merupakan salah satu jenis mineral yang terkenal akan kekuatannya yang mengagumkan karena mempunyai resistensi goresan yang paling besar dibanding mineral lainnya. Berdasarkan skala kekerasan mineral Mohs, intan berada pada skala 10 dari 10 atas kemampuan tersebut. Selain itu, intan hanya dapat dihancurkan dengan menggunakan tanur listrik pada suhu lebih dari 2000 derajat Celsius. Hal tersebut menjadikan intan sebagai salah satu bahan baku yang dapat dimanfaatkan dalam bidang industri seperti untuk membuat pisau bedah, mata bor, gergaji, sirkuit elektronik, serta komponen pesawat terbang dan roket.

Selain unik karena kekuatannya, sebagian besar intan juga tidak memiliki warna tertentu dan cenderung bening namun dapat membiaskan cahaya sehingga hal ini membuat intan banyak digemari karena dapat dimanfaatkan sebagai perhiasan yang cantik dan sebagai koleksi untuk meningkatkan prestise.

Intan banyak diperoleh melalui proses penambangan baik dengan metode tambang terbuka ataupun tambang bawah tanah, akan tetapi tidak banyak orang tahu akan lokasi tambang intan tersebut. Dilansir dari vncojewellery.com, berikut keberadaan tambang intan yang masih aktif di dunia.

1. Jubilee

Tambang Jubilee terletak di Yakutia, Rusia. Tambang Jubilee diprediksi memiliki cadangan intan di bawah tanah sebanyak 153.000.000 (seratus lima puluh tiga juta) karat yang telah beroperasi sejak tahun 1986. Sampai pada tahun 2013, tambang ini sudah digali hingga kedalaman 320 meter dan diperkirakan akan digali hingga berada pada kedalaman 720 meter. Maka dari itu, besar kemungkinan tambang ini masih aktif digali untuk memperoleh intan.

...

Cek lebih lanjut, silahkan Login/Daftar dahulu.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !