Detail Berita


Yuk Kenal Lebih Dekat Metode Eksplorasi Geolistrik!


"Survei Geolistrik"
Sumber gambar: jasapengeboran.web.id


Tanggal terbit: 13-10-2020

duniatambang.co.id - Metode geolistrik merupakan salah satu metode geofisika aktif yang bertujuan untuk mengetahui respon sifat aliran listrik batuan di bawah permukaan dengan cara mendeteksinya di permukaan bumi. Metode geolistrik ini banyak dimanfaatkan untuk mengetahui struktur bawah permukaan, sebaran endapan mineral dan batubara, mencari lapisan akuifer air tanah, kajian geologi teknik, mendeteksi bidang gelincir untuk upaya mitigasi bencana, dan bahkan mampu digunakan untuk mendeteksi keberadaan candi terpendam dibawah permukaan.

Lalu, Bagaimana prinsip pengukuran datanya?

Pengukuran data geolistrik ini dilakukan dengan menggunakan instrumen resistivity meter sebagai main unit, dan dilengkapi oleh batang elektroda, kabel penghubung, dan accu. Prinsip pengukurannya yaitu dengan menginjeksikan arus ke dalam tanah  dan mengukur beda potensial yang dihasilkan melalui batang elektroda. Data yang di dapatkan dari hasil pengukuran ini adalah nilai resistivitas semu yang dihitung berdasarkan nilai beda potensial, nilai arus, dan nilai factor geometri dari hasil pengukuran. Nilai resistivitas semu tersebut kemudian di olah menggunakan software sehingga menghasilkan nilai resistivitas sebenarnya untuk menetukan daerah prospekpada area eksplorasi.

Mengapa harus geolistrik?

Akuisisi data dengan metode ini  terbilang mudah dan murah, sehingga mampu mengefisiensikan waktu dan dana pada kegiatan eksplorasi. Kemudian, batuan di bawah permukaan bumi memiliki nilai kelistrikan ataupun sifat resistivitas yang berbeda-beda. Dengan adanya sifat resistivitas yang berbeda tersebut maka metode ini mampu untuk digunakan dalam mendeteksi kondisi geologi bawah permukaan.

 

Penulis : Tasya Millenia

Editor  : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !