Detail Berita


Sejumlah Emiten Tambang Serok Cuan di Kuartal III


"Ilustrasi uang kertas"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 07-10-2020

duniatambang.co.id - Saham sejumlah emiten tambang meroket saat Indeks LQ45 yang mengalami pelemahan sebesar 2,52 persen pada kuartal ketiga tahun ini. Baik itu pertambangan logam maupun batubara, mencatatkan return tertinggi.

Di antaranya yakni saham milik PT United Tractors Tbk yang mengalami kenaikan sebesar 37,76 persen dalam tiga bulan terakhir. Kemudian ada saham milik PT Vale Indonesia yang naik sebesar 27,14 persen. Selanjutnya ada nama seperti PT Merdeka Copper Gold dan PT Aneka Tambang yang masing-masing menguat sebesar 18,32 persen dan 16,53 persen. Tak ketinggalan juga saham milik PT Indo Tambangraya Megah Tbk mengalami pertumbuhan sebesar 14,79 persen.

Sejumlah pengamat sepakat bahwa kenaikan saham-saham emiten pertambangan ini tidak lepas dari naiknya harga komoditas yang mereka produksi, sebut saja emas dan nikel yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan selama beberapa bulan terakhir.

Hal yang sama juga dialami oleh emiten tambang batubara yang mulai mengalami kebangkitan setelah terpuruk selama beberapa bulan. Penguatan saham tambang batubara ini merupakan dampak beruntun yang disebabkan oleh mulai membaiknya harga komoditas secara global.

Pemicu naiknya harga batubara secara global ini adalah peningkatan kebutuhan di negara-negara beriklim dingin, karena memasuki musim dingin maka negara tersebut membutuhkan suplai energi yang lebih banyak daripada biasanya.

Sementara dari pasar domestik, kebutuhan akan pasokan batubara juga tetap terjaga dengan adanya kontrak jangka panjang dengan industri manufaktur, sehingga peluang harga batubara tetap stabil masih cukup besar.

Dengan demikian, sejumlah pengamat menilai saham-saham emiten pertambangan di atas masih cukup realistis untuk dilirik. Setidaknya bisa mulai melakukan pembelian pada saat ini, atau menunggu terjadinya kesempatan pelemahan yang mungkin bisa saja terjadi dalam waktu dekat ini.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !