Detail Berita


IMEF Sarankan Pemerintah Tidak Samaratakan Kewajiban DKC dan Eksplorasi


"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 24-09-2020

duniatambang.co.id - Kewajiban eksplorasi lanjutan dan juga Dana Ketahanan Cadangan (DKC) untuk industri mineral dan batubara dinilai memang perlu dipenuhi oleh para pengusaha pertambangan. Hal ini diamini oleh Indonesia Mining and Energy Forum (IMEF). Meski demikian IMEF juga mengemukakan sejumlah ketentuan yang juga harus diperhatikan oleh pemerintah.

Pihaknya menyampaikan bahwa bagi para pelaku usaha pertambangan, kegiatan eksplorasi lanjutan itu juga harus berdasarkan pada nilai-nilai kalkulasi bisnis. Terlepas dari adanya kepentingan dalam hal konservasi sumber daya alam terhadap negara.

Oleh karena itu, selama ini kegiatan eksplorasi lanjutan yang dilakukan perusahaan tambang tergolong masih kecil, bahkan trennya menunjukkan grafik yang terus mengalami penurunan dalam periode 10 tahun terakhir belakangan.

Dengan demikian, IMEF menilai jika kegiatan eksplorasi pada industri pertambangan ini pun tidak bisa disamaratakan antara komoditas satu dengan komoditas lainnya. Setidaknya harus ada nilai dan porsi yang berbeda pada besaran Dana Ketahanan Cadangan yang diwajibkan tersebut.

IMEF pun meminta kepada pemerintah untuk terlebih dahulu memahami dengan jalan melakukan pemetaan dan melakukan pertimbangan terintegrasi atas sejumlah faktor yang mempengaruhi. Antara lain yakni, sumber daya, jumlah cadangan, jumlah permintaan, pemanfaatannya, serta kesiapan dari segi infrastrukturnya.

Bagi IMEF, kegiatan eksplorasi lanjutan ini tidak hanya sekedar mengetahui serta memperbesar potensi sumber daya saja. Akan tetapi juga harus memperhatikan hingga aspek mendetail sampai dengan level perhitungan tata niaga dan pengelolaan.

Dari sini bisa diketahui secara gamblang bahwa perencanaan Dana Ketahanan Cadangan untuk komoditas mineral akan memiliki perbedaan dengan pertambangan batubara. Oleh karena itu pihak IMEF menyarankan adanya kalkulasi DKC yang berbeda pula bagi perusahaan yang sudah memiliki dana cadangan yang melebihi rencana produksi selama masa konsesi.

Sebelumnya diketahui bahwa pemerintah berencana menggenjot iklim investasi serta aktivitas eksplorasi pertambangan. Salah satu strateginya adalah dengan mewajibkan para pelaku usaha pertambangan untuk mampu menyediakan Dana Ketahanan Cadangan minerba, yang besarannya ditetapkan setiap tahun melalui RKAB.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !